Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jepara Dijatah Tiga Ribu Vaksin PMK

Salah satu ternak di Jepara terindikasi terjangkit PMK. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah sudah mulai mendistribusikan vaksin untu Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Untuk Kabupaten Jepara, tahap pertama ini dijatah sebanyak tiga ribu dosis vaksin.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jepara Ratib Zaini mengatakan, hari ini salah satu petugasnya sedang mengambil vaksin tersebut.

”Kemungkinan nanti malam vaksin baru datang di Jepara,” kata Ratib saat ditemui Murianews, Jumat (24/6/2022).

Jumlah vaksin tersebut, lanjut dia, memang masih jauh dari kebutuhan. Jika merujuk pada populasi yang ada, kebutuhan vaksin PMK di Jepara minimal 55 ribu dosis.

”Tapi tidak apa-apa. Yang penting kita sudah dapat jatah vaksin,” ujar Ratib.

Untuk tahap pertama, vaksinasi pada ternak dijadwal mulai pada 27 Juni 2022 dan selesai pada 5 Juli 2022. Ratib mengatakan, ternak sapi dan kerbau menjadi prioritas utama untuk vaksinasi kali ini.

Baca: Unik, Desa Kawak Jepara Usir Wabah PMK dengan Sepak Bola Api

Vaksinasi hanya dilakukan pada ternak yang belum pernah terjangkit PMK. Sementara itu, untuk ternak yang terjangkit, hanya dilakukan pengobatan penyembuhan.

”Yang kena PMK nanti langsung divaksin booster. Menunggu enam bulan lagi,” jelas Ratib.

Selain yang belum kena PMK, Ratib juga memprioritaskan ternak indukan dan sapi perah.

Untuk melaksanakan vaksinasi, Ratib mengerahkan sekitar 31 tenaga medis. Yang terdiri dari lima dokter hewan, paramedis bersertifikat enam orang, serta sekitar 20 tenaga terampil inseminator.

”Rencana, hari Senin nanti kita mulai vaksinasi di Kecamatan Kembang,” terang Ratib.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...