Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pesan ”This song is currently unavailable“ Muncul saat Gunakan Instagram, Ini Penyebabnya

Pesan ”This song is currently unavailable“ Muncul saat Gunakan Instagram, Ini Penyebabnya
Foto: Ilustrasi (Gambar oleh StockSnap dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Saat membuka Instagram terkadang sering menemui masalah atau hal-hal yang belum dimengerti para pengguna. Misalnya, muncul pesan “This song is currently unavailable” terutama saat mengakses fitur Reels.

Untuk diketahui, pesan tersebut sebenarnya menandakan pilihan musik yang digunakan sedang tidak tersedia. Biasanya saat pesan tersebut muncul akan diikuti suara lagu di Instagram Reels turut menghilang ketika diputar.

Seperti dilansir dari Gadgetren.com, berikut adalah penjelasan kenapa Pesan “This Song Is Currently Unavailable” muncul.

Baca juga: Begini Cara Hapus Cookie dan Cache di Instagram, Mudah Banget kok!

Masalah Distribusi Lagu

Pustaka lagu pada layanan Instagram akan berubah sepanjang waktu. Ini disebabkan distribusi yang bisa berganti-ganti mengikuti kebijakan wilayah, hak cipta, hingga keputusan dari label rekaman atau musisinya sendiri.

Munculnya pesan ”This song is currently unavailable“ disebabkan alasan tersebut sehingga pengguna tidak bisa melakukan apapun dan hanya bisa menunggu. Bisa jadi lagu yang dipilih belum didistribusikan ke Indonesia atau ditarik oleh label maupun musisinya.

Bug Aplikasi atau Layanan Instagram

Masalah berikutnya yang umum terjadi adalah disebabkan bug dari aplikasi maupun layanan itu sendiri. Untuk mengatasinya pengguna dapat melakukan pembaruan Instagram melalui Google Play Store atau Apple AppStore sesuai perangkat yang digunakan. Biasanya versi terbaru dari aplikasi telah membawa perbaikan dan peningkatan dari versi sebelumnya.

Data Tidak Akurat

Jika pembaruan belum tersedia, pengguna dapat mencoba beberapa hal seperti cache atau cookie, login ulang, copot-pasang aplikasi, hingga mencari koneksi internet yang lebih baik agar persoalan “This song is currently unavailable” di Instagram dapat teratasi. Lagu yang tidak dapat diputar bisa juga disebabkan penumpukan cache dan data aplikasi.

Jenis Akun atau Konten Tidak Sesuai

Instagram tersedia beberapa jenis akun yang bisa dipakai oleh penggunanya. Meliputi pribadi, bisnis, hingga kreator yang dapat berganti-ganti dari satu ke yang lain dengan mudah sesuai kebutuhan.

Adanya kemudahan ini memungkinkan penggunanya lupa menggunakan akun yang sesuai sehingga lagu tidak dapat diputar. Karena koleksi lagu dengan hak cipta sayangnya tersedia terbatas untuk profil pribadi.

Adanya perjanjian antara Instagram dengan label atau musisi untuk kepentingan pribadi dan non komersial yang membuat lagu tidak tersedia untuk profil pribadi.

Dengan demikian meski pengguna dapat mendengar lagu dari Reels tertentu, tapi tidak bisa memakainya pada konten-konten pribadi.

Dari pihak Instagram sendiri telah mencoba mendeteksi unggahan penggunanyan sudah sesuai atau belum dengan kebijakan yang ada.

Agar pesan ”This song is currently unavailable“ di Instagram tidak muncul, pengguna dapat mencoba untuk beralih akun dan mengunggah sesuai konten.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gadgetren.com

Comments
Loading...