Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Suka ‘Nangis’ saat Kupas Bawang Merah? Coba Ikuti Cara Ini

Suka ‘Nangis’ saat Kupas Bawang Merah? Coba Ikuti Cara Ini
Foto: Ilustrasi kupas bawang merah (pasja1000 dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Bawang merah adalah salah satu jenis bumbu masakan yang selalu tersedia di dapur. Soalnya, bawang merah ini bisa dipakai untuk bumbu berbagai jenis masakan.

Meski berkhasiat menyedapkan masakan, namun ada satu persoalan yang sering dialami saat hendak menggunakan bawang merah ini. Yakni, mata terasa pedih hingga mengeluarkan air mata seperti orang menangis saat mengupas bawang merah.

Untuk menghindari hal ini, ada cara yang bisa dilakukan sehingga tidak bikin pedih di mata. Melansir dari Kompas.com, berikut adalah cara mengupas bawang merah yang aman.

Baca juga: Bawang Merah Petani Grobogan Kini Bisa jadi Agunan Kredit

Rendam Bawang Merah di Air Mendidih

Agar mata tidak pedih, rendam Bawang merah dalam air mendidih. Rendam selama dua hingga tiga menit sampai kulit terluar dari bawang merah lunak.

Bilas Bawang Merah dengan Air Dingin

Setelah bawang merah direndam dalam air mendidih, bilas dengan air dingin yang mengalir. Ini ditujukan untuk menghentikan proses memasak bawang merah.

Potong Bagian Atas dan Ujung Akar Bawang Merah

Cara berikutnya adalah potong bagian atas dan ujung akar bawang merah. Ini berguna untuk melonggarkan kulit bawang sehingga mudah dikupas.

Buat irisan di lapisan atas bawang merah

Selanjutnya bawang merah sedikit diiris pada lapisan atasnya. Pastikan saat mengiris bawang merah tidak melewati lebih dari satu lapisannya.

Kupas dari lapisan atas

Jika lapisan bawang merah telah teriris, kipas dari lapisan atas ke bawah atau melingkar. Bawang merah siap digunakan untuk bahan bumbu tanpa ada kulit kering yang menempel.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...