Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Cak Nun: Terpuruk Tak Selalu Musibah

Cak Nun dalam Gondelan Syafaat Kanjeng Nabi persembahan PR Sukun. (Murianews)

MURIANEWS, Kudus – Budayawan Emha Ainun Najib atau Cak Nun dalam acara Gondelan Syafaat Kanjeng Nabi persembahan PR Sukun mengatakan, hal-hal yang membuat manusia terpuruk tidak selalu menjadi musibah.

Begitu pula dengan hal-hal yang membuat manusia bahagia, Cak Nun mengatakan itu juga tidak selalu rezeki dari Allah.

”Jadi sakit ataupun hal lain yang membuat terpuruk manusia itu tidak musti musibah, naik jabatan dapat uang juga belum tentu rezeki dari Allah,” kata Cak Nun.

Dia pun menambahkan apa yang tengah kita miliki saat ini juga bukanlah milik kita. Semuanya, adalah milik Allah yang sedang dipinjamkan kepada kita.

”Jadi jangan sombong atas pencapaian yang kita punya sekarang. Manusia itu sebenarnya tidak punya apa-apa, tidak bisa apa-apa, dan tidak bisa jadi apa-apa, itu yang harus diingat,” ungkapnya.

Baca: Cak Nun Ajak Belajar dari Kesetiaan Rasulullah

Begitu pula dengan semua aspek yang ada di dunia saat ini. Manusia, kata Cak Nun, tidak bisa dan tidak pernah bisa menjadikan sesuatu secara mandiri. Semuanya harus dengan bantuan maupun kehendak dari Allah.

”Air itu kita rebus kemudian mendidih itu bukan karena manusia, melainkan karena Allah,” ujarnya.

Agar kehendak Allah bisa selalu ada dalam hidup umat manusia, Cak Nun mengatakan seorang umat haruslah meneladani sifat-sifat yang disukai oleh Allah yang tentunya ada pada seorang Nabi Muhammad SAW.

”Oleh karena itu kita hidup harus gondelan klambine Kanjeng Nabi Muhammad, agar manusia ini bisa terus berada di jalan yang lurus dan direstui Allah dalam segala urusannya di dunia,” terangnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...