Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sapi yang Dimusnahkan Karena Terpapar PMK Dapat Ganti Rugi Rp 10 Juta

Sapi yang Dimusnahkan Karena Terpapar PMK Dapat Ganti Rugi Rp 10 Juta
Salah satu ternak di Jepara terindikasi terjangkit PMK. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah akan memberikan ganti bagi para peternak yang sapinya dimusnahkan karena terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Ganti rugi itu sebesar Rp 10 juta per ekor sapi.

”Terhadap hewan yang dimusnahkan ataupun dimatikan paksa, pemerintah akan menyiapkan ganti terutama untuk peternak UMKM itu sebesar Rp 10 juta per sapi,” kata Airlangga dalam keterangan pers di Istana Bogor dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (23/6/2022).

Airlangga menjelaskan, demi mencegah penyebaran PMK, pemerintah akan melarang pergerakan sapi di 1.765 kecamatan yang termasuk daerah merah atau sudah terinfeksi oleh PMK.

Baca: Daging Kena PMK Jangan Dicuci Sebelum Dimasak, Begini Mengolahnya

”Daerah merah ini ada di 1.765 dari 4.614 kecamatan atau di 38 persen. Selurunya detail nanti akan dimasukkan dalam instruksi mendagri,” ujarnya.

Selain melarang pergerakan hewan ternak, Airlangga juga menekankan pentingnya kontrol bagi mereka yang keluar masuk area peternakan.

Baca: Wabah PMK Meluas, Menag Yaqut: Kurban Bukan Wajib 

”Artinya biohazard melalui disinfektan itu penting karena kita juga melihat agar carrier dari pada virus ini untuk terus dijaga,” kata Airlangga.

Di samping itu, pemerintah juga akan mengadakan 28-29 juta dosis vaksin PMK untuk mencegah penyebatan penyakit ini.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Comments
Loading...