Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kejuaraan Tenis Meja ASEAN

Timnas Putra Indonesia Menang 3-0, Tim Putri Kalah 0-3

Pemain Indonesia Rafanael Nikola Niman. (Murianews/Budi Erje)

MURIANEWS, Bangkok – Timnas Putra Tenis Meja Indonesia mengawali hasil apik di Southeast Asian Table Tennis Championship (SEATTC) 2022. Hafidz Nuur Annafi dkk sukses mengalahkan Tim Kamboja dengan skor 3-0, di pertandingan pertama penyisihan Grup A di Island Hall, Fashion Island, Bangkok, Kamis (23/6/2022).

Turun di laga perdana, Pelatih Lee Kim Wong langsung menerjunkan skuat terbaiknya. Rafanael Nikola Niman, Benyamin Mulia Pratikno dan Hafidz Nuur Annafi langsung didapuk untuk menunjukkan cakar Garuda.

Rafanael yang turun di pertandingan pertama berhasil menyapu bersih tiga set langsung dengan skor 3-0 menghadapi Khun Phannith. Di set pertama Rafanael berhasil menang 14-12, kemudian di set kedua menang 11-9 dan 11-3.

Sedangkan di pertandingan kedua Benyamin juga berhasil menang dari Sarak Sou Pring dengan skor 3-1. Benyamin mengawali pertandingan dengan kekalahan 9-11, sebelum kemudian bangkit di set berikutnya.

Di set kedua pemain asal Jakarta ini menang 11-9 lalu 11-7 di set ketiga dan menang 11-4 di set keempat.

Pemain ketiga Timnas Indonesia, Hafidz Nuur Annafi melengkapi kemenangan timnya. Bertanding dengan Bun Visal, pertandingan langsung berjalan dengan mulus.

Pemain asal PTM Sukun Kudus ini menang dengan skor 11-8, 11-9, dan 11-8. Kemenangan Hafidz di pertandingan ketiga memastikan Timnas Indonesia menang 3-0. Mereka membuka kans untuk bisa lolos ke babak semifinal.

Hafidz Nuur dkk akan kembali menjalani pertandingan kedua babak penyisihan Grup A melawan Singapura pada siang hari ini mulai pukul 13.00 WIB.

Praktis hanya beristirahat sekitar dua jam, para pemain Timnas Indonesia sudah harus menghadapi lawan berat, Singapura. Jika berhasil menang, maka Indonesia sudah bisa memastikan satu tiket ke semifinal.

Pelatih Lee Kim Wong menyatakan, kemenangan timnya belum menjadi ukuran. Sebab, Kamboja di turnamen ini merupakan tim lemah. Kemenangan Indonesia menurutnya menjadi sesuatu yang wajar.

Apalagi dari sisi materi pemain, timnya lebih unggul. Sementara menghadapi Singapura akan menjadi ujian paling berat di penyisihan Grup A ini.

“Kamboja no (tidak), kita memang lebih bagus. Bisa menang saya kira adalah sesuatu yang wajar bisa dilakukan. Tapi menghadapi Singapura nanti, baru akan menjadi tantangan yang sebenarnya,” ujar Lee Kim Wong usai pertandingan, Kamis (23/6/2022) siang.

Sementara itu pada pertandingan lainnya, Tim Putri Indonesia tidak mampu mengatasi dominasi Tim Thailand. Siti Aminah dkk harus menerima kenyataan pahit, setelah dikalahkan Thailand 0-3 di pertandingan pertama babak penyisihan Grup B.

Menghadapi tim raksasa Thailand, komposisi pemain yang dipasang Coach Dony Prasetya Aji adalah Novida Widarahman, Siti Aminah dan Dwi Oktaviana.

Novida Widarahman yang turun di pertandingan pertama sudah harus menghadapi Orawan Paranng, pemain yang memiliki ranking 114 dunia. Meski sempat memberikan perlawanan optimal Widarahman menyerah 0-3 masing-masing dengan skor 6-11, 6-11 dan 4-11.

Selanjutnya di pertandingan kedua, Siti Aminah juga menghadapi pemain ‘gajah’ dengan rangkin terbaik di turnamen ini. Pemain PTM Sukun ini menghadapi Suthasini Sawttabut yang memiliki rankin dunia 21 ITTF.

Meski demikian, Siti Aminah masih mampu memberikan perlawanan sangat bagus. Aminah yang memiliki ranking 603 dunia kalah 3-11 di set pertama. Berikutnya di set kedua Aminah berhasil menang dengan 11-8. Namun di dua set berikutnya Aminah harus menyerah dengan 7-11 dan 2-11.

Sedangkan di pertandingan ke-3, Dwi Oktaviani gagal memberikan imbangan pada Jinipa Sawattabut saudara kembar Sutasini. Pemain ini memiliki ranking 119 dunia, sementara Dwi Oktaviani belum memiliki ranking ITTF. Hasilnya pemain asal PTM Sukun Kudus ini menelan kekalahan di tiga set langsung. Dwi Oktaviani kalah 3-11, 3-11 dan 5-11.

Hasil ini, bagi Tim Putri Indonesia masih belum sepenuhnya menutup peluang mereka lolos ke babak semifinal. Siti Aminah dkk masih akan berhadapan dengan Tim Filipina. Jika berhasil memenangkan pertandingan, Timnas Tenis Meja Putri Indonesia, masih berpeluang maju ke semifinal.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...