Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 23 Juni: Sir Andrew Wiles Berhasil Membuktikan Teorema Terakhir Fermat Tahun 1993

Catatan Sejarah Tanggal 23 Juni: Sir Andrew Wiles Berhasil Membuktikan Teorema Terakhir Fermat Tahun 1993
Foto: Sir Andrew John Wiles (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 23 Juni dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 23 Juni yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

1180

Pertempuran Uji yang melibatkan Klan Minamoto dan Klan Taiara meletus di dekat Kyoto, Jepang. Dalam pertempuran itu, Pangeran Mochihito dari Klan Minamoto sebagai pewaris takhta Kekaisaran Jepang terbunuh.

1305

Raja Prancis, Philip IV, dan Raja Flanders, Robert III, menandatangani Perjanjian Athis-sur-Orge di Athis-sur-Orge atau kini Athis-Mons, Prancis. Perjanjian damai untuk mengakhiri Perang Franco-Flemish atau Perang Prancis-Flanders yang berlangsung sejak 1297.

Baca juga: Catatan Sejarah Tanggal 22 Juni: Diego Maradona mencetak “Gol tangan Tuhan” di Piala Dunia FIFA 1986

1565

Komandan Angkatan Laut Kekaisaran Ottoman, Dragut, tewas dalam Pengepungan Malta. Pengepungan Malta adalah upaya Kekaisaran Ottoman untuk mengusai Malta. Namun upaya yang dilakukan selama kurang lebih empat bulan itu gagal.

1757

Pasukan Inggris berjumlah 3.000 tentara berhasil mengalahkan pasukan Benggala yang dibantu pasukan Prancis dengan total kekuatan sebanyak 50.000 orang dalam Pertempuran Plassey di sebelah utara Kalkuta, India.

1758

Pertempuran Krefeld terjadi di Krefeld—kini Nordrhein-Westfalen di Jerman—malibatkan pasukan aliansi Prusia-Inggris-Hanover dan pasukan Prancis. Pertempuran yang terjadi pada masa Perang Tujuh Tahun itu berhasil dimenangi pasukan aliansi.

1913

Pasukan Yunani berhasil mengalahkan pasukan Bulgaria dalam Pertempuran Doiran di dekat Danau Doiran, Makedonia. Pertempuran tersebut terjadi pada masa Perang Balkan Kedua.

1840

Setelah pasukannya berhasil menduduki Prancis, pemimpin Jerman Adolf Hitler memutuskan mengunjungi Paris. Dalam kunjungannya itu, Hitler menyambangi tempat-tempat wisata dan bersejarah di Paris.

1941

Menyusul hengkangnya pemerintahan Uni Soviet dari Lituania, Front Aktivis Lituania secara resmi mendeklarasikan kemerdekaan Lituania. Meski demikian, Lituania justru diduduki pasukan Jerman beberapa pekan kemudian.

1972

Zinedine Yazid Zidane lahir di Marseille, Prancis. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub Juventus dan Real Madrid. Setelah pensiun Zidane pernah melatih Real Madrid dan berhasil mempersembahkan empat trofi Liga Champions.

1977

Jason Thomas Mraz lahir Mechanicsville, Virginia, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal luas sebagai musisi yang telah menorehkan banyak karya. Sejak 2001, Mraz sudah meluncurkan 10 album.

1993

Sir Andrew John Wiles (lahir tanggal 11 April 1953) adalah matematikawan Inggris-Amerika di Universitas Princeton dengan spesialisasi di teori bilangan. Ia terkenal sebagai penemu bukti Teorema Terakhir Fermat, sebuah teka-teki matematika yang tidak terpecahkan selama lebih dari 300 tahun.

2012

Westlife, boyband asal Irlandia beranggotakan Shane Filan, Brian McFadden, Kian Egan, Nicky Byrne dan Mark Feehily resmi membubarkan diri pada 23 Juni 2012 di Croke Park, Irlandia setelah kurang lebih 14 tahun mewarnai belantika musik dunia.

2013

Pembalap Kejuaraan Ketahanan Dunia FIA dan Le Mans 24 Jam, Allan Simonsen meninggal dunia akibat kecelakaan fatal saat menit ke-9 di tikungan Tetre Rouge di Le Mans 24 Jam 2013.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...