Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

IKN Nusantara Bakal Usung Konsep Kereta Gantung untuk Mobilitas Ibu Kota

IKN Nusantara Bakal Usung Konsep Kereta Gantung untuk Mobilitas Ibu Kota
Ilstrasi kereta gantung. (Pixabay)

MURIANEWS, Jakarta – Konsep transportasi untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus dibangun untuk mempermudah perjalanan. Terbaru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merencanakan agar nantinya terdapat kereta gantung di ibu kota baru tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Dia mendapatkan perintah khusus dari Jokowi untuk mempelajari konsep kereta gantung yang ada di Jepang agar bisa digunakan untuk mobilitas Ibu Kota Negara (IKN).

”Saya mendapat perintah dari Bapak Presiden dan Bappenas untuk mempelajari (kereta gantung). Kita tahu bahwa IKN membutuhkan suatu pergerakan yang agak unik. Jadi kita akan gunakan hanging train ini menjadi alat transportasi dari kantor ke kantor,” ujar Budi, dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (23/6/2022).

Baca: Jokowi: IKN Nusantara adalah Pintu Gerbang Masa Depan Indonesia

Selain di IKN, Budi juga tertarik ingin membangun kereta gantung di tempat wisata populer di Indonesia seperti Bali.

”Kereta gantung inilah suatu alat transportasi di tempat-tempat wisata, Insyallah ini akan kita inisiasi,” katanya.

Ia sempat berkunjung ke sebuah kota di Jepang yang bernama Shiba, di mana terdapat fasilitas kereta gantung sebagai transportasi antar wisata. Menurut Budi, pemandangan kereta gantung terlihat indah dan dikelola dengan baik oleh Pemerintah Jepang.

Baca: Jokowi Sebut Subsidi Bensin Bisa untuk Bangun IKN Nusantara

”Tadi pemandangannya sangat indah, dikelola secara baik oleh Jepang tapi memang teknologinya tidak saja dari Jepang, tapi dari negara-negara lain,” ucap Budi.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...