Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui, Ini Fungsi dari Teknologi Anti Scratch pada Visor Helm

Ketahui, Ini Fungsi dari Teknologi Anti Scratch pada Visor Helm
Foto: Ilustrasi menggunakan helm (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus – Fungsi helm seringkali dianggap sepele bagi sebagian pengendara motor. Mereka ini beranggapan kalau helm hanyalah sebagai pelengkap saat berkendara.

Padahal, helm ini punya fungsi yang sangat penting. Yakni, melindungi kepala kita saat berkendara. Disamping itu, penggunaan helm merupakan aturan dalam berkendara.

Meski fungsinya sangat vital, namun pada kenyataannya banyak pengendara yang bepergian tidak menggunakan helm. Lalu, banyak pula yang menggunaan helm seadanya yang tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan semata-mata hanya untuk syarat agar tidak ditilang.

Baca juga: Ketahui Bahaya Menggunakan Helm Tanpa Dilengkapi Visor

Helm yang ada saat ini sudah dilengkapi dengan kaca pelindung atau visor. Bahkan, sebgian visor helm juga telah dilengkapi dengan teknologi anti scratch.

Lantas apa fungsi dari teknologi anti scratch di area visor helm ini? Melansir dari Gridoto, anti scratch berfungsi sebagai perlindungan agar visor helm tidak mudah lecet.

Promotion Manajer PT Tarakusuma Indah Simon Mulyadi mengungkapkan,fitur ini memberi lapisan hard coating pada area visor agar lebih tahan goresan. Selain itu lapisan tersebut berguna sebagai pelindung helm ketika dipakai terutama dari kerikil atau benda kecil lainnya.

Namun meski visor telah dilengkapi anti scratch, bukan berarti tahan terhadap goresan. Apabila helm terjatuh parah atau terkena objek berkecepatan tinggi, visor helm tentu akan tergores.

Terlebih jika visor dipaksa digores memakai benda tajam. Sebenarnya lapisan ini diperuntukkan hanya sebagai pelindung dari benda-benda kecil. Adanya perlindungan ini diharapkan visor helm jadi lebih awet.

Kemudian jika perawatan visor kurang baik atau biasa membiarkan visor kotor, maka akan tergores juga. Agar lebih awet dan tidak ada goresan, pastikan visor dirawat dan ditaruh pada tempat yang aman.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Comments
Loading...