Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jokowi: IKN Nusantara adalah Pintu Gerbang Masa Depan Indonesia

Jokowi: IKN Nusantara adalah Pintu Gerbang Masa Depan Indonesia
presiden Jokowi nampak duduk di depan tenda (cnnindonesia.com)

MURIANEWS, Samarinda – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan bahwa pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) tidak hanya sebatas pemindahan gedung dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim). IKN Nusantara adalah pintu gerbang masa depan Indonesia.

Jokowi mengatakan, memindahkan ibu kota juga berarti mengubah pola pikir dan birokrasi serta menciptakan cara kerja baru dalam berorganisasi dan berbirokrasi.

”Dan ini adalah milik anak-anak muda, di sinilah akan kita mulai future economy, green economy, future technology, future knowledge, semuanya memang ingin kita lakukan di sini,” kata Jokowi saat membuka Kongres XXXII PMKRI dikutip dari tayangan akun YouTube PMKRI TV, Rabu (22/6/2022).

Baca: Jokowi Sebut Subsidi Bensin Bisa untuk Bangun IKN Nusantara 

Jokowi pun berharap, ibu kota baru kelak akan memiliki rumah sakit internasional hingga universitas kelas internasional.

”Kita harapkan ini juga bisa membuka yang namanya future jobs dan future skill,” ujarnya lagi.

Ia menambahkan, IKN akan memiliki banyak fasilitas ramah lingkungan, mulai dari listrik dengan tenaga air, penggunaan energi hijau untuk transportasi publik, serta 70 persen wilayah IKN yang menjadi area hijau.

Baca: Infrastruktur Dasar IKN Nusantara Dibangun Mulai Agustus 2022 

Selain itu, sistem transportasi di IKN juga dirancang agar perjalanan dari satu titik ke titik lainnya dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 10 menit.

”Artinya 10 minute-city, entah dengan transportasi pribadi maupun transportasi umum. Ini desain-desain kota masa depan yang saya kira ini miliknya anak-anak muda,” kata Jokowi.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: YouTube PMKRI TV

Comments
Loading...