Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Permohonan Adopsi di Grobogan Cukup Tinggi, Dalam Kurun Empat Tahun Ada 20 Anak yang Diadopsi

Permohonan Adopsi di Grobogan Cukup Tinggi, Dalam Kurun Empat Tahun Ada 20 Anak yang Diadopsi
Foto: Ilustrasi adopsi anak (Myriams-Fotos dari Pixabay)

MURIANEWS, Grobogan – Jumlah permohonan adopsi di Grobogan ternyata cukup tinggi. Indikasinya, dalam kurun waktu empat tahun terakhir, sedikitnya ada 20 anak yang sudah diadopsi.

Hal itu berdasarkan catatan Dinas Sosial (Dinsos) Grobogan dari tahun 2018 hingga bulan Mei 2022.

Kepala Dinsos Grobogan Edy Santoso mengungkapkan, anak yang diadopsi itu bukan hanya anak hasil temuan, melainkan juga anak yang diadopsi dari orangtua aslinya. Menurutnya, calon pengadopsi bayi memang mesti mengajukan ke pihak Dinsos.

Baca juga: Ini Cara dan Syarat Adopsi Anak di Indonesia yang Penting Diketahui

”Jumlahnya itu, 20 anak dalam empat tahun. Tidak mesti diadopsi dari anak hasil temuan. Kan ada juga yang dari orang tua satu ke orang tua lain. Tapi detailnya saya tidak tahu,” ungkap Edy, Rabu (22/6/2022).

Sementara itu, disinggung banyaknya orang yang ingin mengadopsi bayi yang ditemukan di Desa Nambuhan, Kecamatan Purwodadi pada pada Minggu (20/6/2022) lalu, Edy mengaku tidak mengetahui jumlah pasti calon pengadopsinya.

”Ada banyak. Saya tidak tahu jumlah pastinya. Tadi, juga ada beberapa yang minta di kantor,” imbuhnya.

Menurut Edy, untuk proses adopsi tidak hanya pihak Dinsos saja yang akan memverifikasi calon pengadopsi bayi. Namun, pihak yang akan memverifikasi adalah tim yang dibentuk lintas sektor. Selain Dinsos ada pula Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana.

Edy mengaku belum tahu siapa calon orangtua yang akan mengadopsi bayi laki-laki itu. Sebab, bayi tersebut sudah masuk menjadi barang bukti kasus dugaan pembuangan bayi.

”Saya belum bisa ngomong, kan itu masih jadi barang bukti polisi. Bayinya masih di RSUD Purwodadi, kemarin kondisinya baik,” tukasnya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Dani Agus

Comments
Loading...