Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kejuaraan Tenis Meja ASEAN

Thailand dan Singapura Merajai, Aminah Jadi Satu-Satunya Pemain Indonesia di Podium

Pemain Indonesia Siti Aminah saat menerima medali di ajang SEAJCTTC. (Murianews/Budi Erje)

MURIANEWS, Bangkok – Kejuaraan Tenis Meja Southeast Asian Junior & Cadet Table Tennis Championship (SEAJCTTC) berakhir pada Rabu (22/6/2022). Pemain-pemain Thailand dan Singapura mendominasi kejuaraan ini, baik di nomor beregu maupun perseorangan.

Sedangkan Timnas Tenis Meja Indonesia menempatkan Siti Aminah sebagai satu-satunya yang naik ke podium juara. Di pertandingan terakhir, dua pemain Thailand, masing-masing Sinisak dan Napat bertemu di final tunggal putra Junior.

Pertandingan ini akhirnya dimenangkan oleh Sinisak dengan skor 3-1. Pertandingan final tunggal putra tidak begitu banyak menarik perhatian di kesempatan kali ini. Peyebabnya adalah pemain yang bertanding sama-sama merupakan pemain asal Thailand.

Sebaliknya, pertandingan final Tunggal Putri Junior, antara Wanwisa A (Thailand) menghadapi Tan  Zhao Yun (Singapura) berjalan dengan alot. Pertandingan yang digelar di lapangan nomor 1 menjadi pusat perhatian dari sebagian besar penonton yang hadir di Island Hall, Fashion Island, Bangkok.

Dua pemain yang memiliki gaya permainan berbeda ini menyajikan pertandingan menarik.

Wanwisa A, pemain asal Thailand diketahui memiliki gaya bermain menyerang yang ‘ganas’. Di sepanjang babak penyisihan pemain ini selalu meraih kemenangan.

Sementara Tan Zao Yun adalah pemain dengan tipikal difensif, yang memiliki kemampuan bermain ulet dan sabar. Pemain asal Singapura inilah yang mengalahkan Siti Aminah di pertandingan semifinal sebelumnya.

Pemain Indonesia Siti Aminah (tiga dari kanan) saat naik podium. (Murianews/Budi Erje)

Pada pertandingan ini, Tan Zao Yun akhirnya keluar sebagai pemenang setelah berhasil menang 4-3 dalam sebuah pertandingan yang melelahkan. Pada set pertama saja, kedua pemain sudah menyajikan pertarungan sengit, dengan skor akhir 30-28 untuk Zao Yun. Memasuki set kedua, Wanwisa gantian yang berhasil menang dengan skor 11-8, kemudian di set ketiga juga diambilnya dengam 11-9.

Ketinggalan skor membuat Tan Zhao Yun tak patah arang, pemain Singapura ini bangkit di set ke-4. Tan Zhao Yun berhasil menang dengan 11-7. Sedangkan di set ke-5 Wanwisa kembali berhasil memenangkan pengumpulan poin dalam sebuah pertarungan yang ketat. Jagoan Thailand ini berhasil menang 13-11, dan unggul 3-2.

Pertandingan final yang mensyaratkan empat kali kemenangan, membuat Tan Zao Yun masih memiliki kesempatan untuk membalik keadaan. Hal itu akhirnya berhasil dibuktikannya, setelah di set ke-6 pemain Singapura ini berhasil merubah sedikit gaya permainanya.

Tan Zao Yun sedikit bermain menyerang sehingga berhasil menang 11-6 dan 11-8. Kemenangan di dua set terakhir itu, membuatnya berhasil meraih gelar juara untuk kelompok Junior Putri.

Pertandingan antara Wanwisa melawan Tan Zhao Yun menjadi pertandingan yang paling akhir selesai di SEAJCTTC 2022. Selanjutnya semua pemenang di turnamen ini mengikuti upacara penyerahan medali. Pejabat dari ITTF (Federasi Tenis Meja Dunia), Federasi Tenis Meja Thailand, KONI Thailand dan Presiden SEATTA hadir dalam acara ini.

Petenis meja putri asal PTM Sukun yang menjadi bagian Timnas Indonesia, Siti Aminah menjadi salah satu yang naik ke podium. Pemain Tunggal Putri Junior Indonesia berhasil mendapatkan medali perunggu. Di pertandingan semifinal Siti Aminah yang berhadapan dengan Tan Zhao Yun, dengan skor 1-4.

 

Hasil-Hasil Pertandingan Final SEAJCTTC 2022 :
Kadet Putri | W Phatsaraphon (Thailand) Vs Lhao Ming Ying (Singapura) | 4-1
Kadet Putra | Lai Yong Han (Malaysia) Vs Elswordth Lee (Singapura) | 2-4
Junior Putra | Sitisak  (Thailand) Vs Natapat (Thailand) | 4-2
Junior Putri | Wanwisa A (Thailand) Vs Tan Zhao Yun (Singapura) |3-4

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...