Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Penyebab Kebakaran Rumah di Tumpangkrasak Kudus

Petugas tengah memadamkan api yang membakar rumah di Tumpangkrasak, Kudus. (Murianews/BPBD Kudus)

MURIANEWS, Kudus – Sebuah rumah di Desa Tumpangkrasak, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Rabu (22/6/2022) terbakar. Penyebab kebakaran itu telah diperiksa Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus.

Adapun penyebabnya adalah korsleting arus listrik dari lampu otomatis yang menyala 24 jam nonstop.

”Kami mengumpulkan data di lokasi kebakaran di mana ditemukan penyebabnya adalah korslet listrik dari lampu tersebut. Posisinya ada di ruang tamu,” kata Sub Koordinator Kedaruratan dan Logistik BPBD Kudus Munaji, Rabu (22/6/2022).

Si jago merah, lanjut Munadji baru diketahui sekitar pukul 12.05 WIB yang kemudian merambat di bagian rumah lainnya.

Akibatnya, hampir 60 persen bangunan tersebut hangus terbakar. ”Kerugiannya ditaksir mencapai seratusan juta rupiah,” ujarnya.

Baca: Rumah di Tumpangkrasak Kudus Terbakar, Sempat Dikira Lagi Buat Genting

Atas peristiwa ini, pihaknya mengimbau pada masyarakat di Kabupaten Kudus untuk memastikan semua listrik dalam keadaan mati bila tak ada orang di rumah. Hal tersebut bisa mencegah terjadinya arus pendek.

Selain mengecek instalasi listrik, pihaknya juga menganjurkan untuk mengecek peralatan memasak seperti kompor. Karena dari peristiwa kebakaran sering disebabkan lupa mematikan kompor.

Diberitakan sebelumnya, sebuah rumah tak berpenghuni di RT3/RW7, Desa Tumpangkrasak, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, hangus dilalap Si Jago Merah, Rabu (22/6/2022) siang.

Kepulan asap hitam sempat terlihat dari dalam rumah itu sebelum terjadi kebakaran.

“Warga mengiranya itu malah orang yang sedang membuat genteng, tapi kok lama-lama asapnya pekat dan akhirnya sadar kalau itu kebakaran, bukan orang buat genteng,” katanya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...