Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

2 Maling Spesialis Pecah Kaca Asal Sumsel Diringkus Polres Klaten

Polisi menunjukkan barang bukti yang disita dari aksi pecah kaca yang terjadi di wilayah Kecamatan Prambanan, Klaten. Foto diambil Rabu (22/6/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

MURIANEWS, Klaten – Dua warga Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) ditangkap Tim Resmob Polres Klaten setelah melakukan aksi pencurian dengan cara pecah kaca di wilayah Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Selasa (14/6/2022).

Kedua pelaku diketahui bernama M Resi Habibi (24) dan M Dzaini (28). Keduanya sengaja melakukan perjalanan dari Sumatera hingga ke Klaten untuk membobol mobil yang baru saja mengambil uang dari bank.

Wakapolres Klaten, Kompol Sumiarta menjelaskan, kedua tersangka berangkat dari Sumatra Selatan menuju Pulau Jawa dan tiba di Jakarta pada Selasa (7/6/2022) sore. Di Jakarta, mereka membeli sepeda motor untuk sarana transportasi menjalankan aksi.

”Setelah membeli satu unit sepeda motor, mereka lantas menyisir ke wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) guna mencari sasaran pencurian. Sasaran mereka yakni nasabah bank yang baru saja mengambil uang,” katanya.

Namun, selama berhari-hari mereka berpindah kota tak membuahkan hasil. Hingga pada Selasa (14/6/2022), mereka mendapatkan target seorang warga yang baru saja mengambil uang dari bank.

Mereka lantas membuntuti target tersebut yang masuk ke mobil dan melajukan kendaraan hingga mobil berhenti di salah satu warung soto wilayah Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten.

”Melihat pengemudi dan penumpang keluar meninggalkan mobil, pelaku menjalankan aksi mereka,” ungkapnya.

Dalam menjalankan aksinya, Dzaini bertugas memecahkan kaca menggunakan pecahan busi. Sementara, Resi Habibi bersiap mengendarai sepeda motor. Setelah berhasil mengambil satu tas dari dalam mobil, kedua pelaku kabur.

”Aksi pecah kaca itu mereka lakukan sekitar pukul 10.50 WIB. Sekitar 15 menit berkendara, mereka berhenti di jalan kampung untuk memeriksa isi tas dan tak menemukan uang dari dalam tas,” terangnya.

Tas tersebut lantas dibuang ke area persawahan. Mereka kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke wilayah Pacitan, Jawa Timur mengandalkan GPS.

Hingga pada Rabu (15/6/2022) sekitar pukul 06.00 WIB, kedua tersangka ditangkap Tim Resmob Polres Klaten saat menginap di salah satu hotel. Mereka lantas dibawa ke Mapolres Klaten guna mempertanggungjawabkan perbuatan mereka.

Akibat perbuatannya, kedua pelaku dijerat Pasal 363 ayat 1 ke-4e, 5e KUHP dengan ancaman hukuman paling lama tujuh tahun penjara.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...