Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Biar Tak Bohong, Peserta PPDB SMP Jalur Afirmasi di Kudus Bakal Dicek Rumahnya

Bupati Kudus Hartopo meninjau PPDB di SMPN 1 Jati Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo memerintahkan panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP untuk verifikasi lapangan ke rumah peserta yang mendaftar melalui jalur afirmasi.

Hal itu dilakukan agar peserta didik yang masuk melalui jalur tersebut merupakan peserta didik yang benar-benar dari keluarga tidak mampu.

Bupati Kudus HM Hartopo menginstruksikan hal itu saat melakukan peninjauan di sejumlah SMP di Kabupaten Kudus, Rabu (22/6/2022). Sekolah pun kemudian diminta membuat tim verifikator untuk ini.

”Harus dicek ke lapangan, jangan hanya berpatokan pada data yang ada sehingga yang masuk jalur ini adalah mereka yang benar-benar membutuhkan,” katanya.

Baca: PPDB SMP di Kudus: KK Baru hingga Titik Koordinat jadi Persoalan

Tim verifikator diminta segera melakukan pengecekan. Hartopo mengatakan, di sisa waktu pendaftaran saat ini, tim seharusnya tidak kesulitan mengingat sedikitnya siswa yang masuk ke jalur tersebut.

”Harus langsung bergerak ke lapangan, kalau keluarganya mampu kan nanti ada persaingan di sana, jangan sampai ada seperti ini,” pungkasnya.

Sementara Kepala SMP Negeri 1 Jati Kudus Sumaryatun menegaskan pihaknya akan siap untuk menjalankan instruksi ini. Dari Pihaknya juga telah memiliki tim untuk verifikator ini.

”Di sisa waktu saat ini kami rasa masih bisa dan masih cukup untuk melakukan verifikasi lapangan,” pungkasnya.

Baca: Ganjar Pastikan PPDB SMA/SMK Tak Ada Kendala

Kepala SMPN 1 Kudus Ahadi Setiawan menyampaikan hal yang sama. Dia menyampaikan walau instruksi ini terbilang mendadak, namun pihaknya tetap akan menjalankannya sebaik mungkin.

”Karena sudah ada instruksi ini, maka akan kami jalankan sebaik mungkin. Sehingga ketika memang nanti ada yang tidak sesuai bisa saja kami coret,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...