Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Grobogan Targetkan Bisa Zero Stunting di Tahun 2026, Ini Upayanya

Grobogan Targetkan Bisa Zero Stunting di Tahun 2026, Ini Upayanya
Bupati Grobogan Sri Sumarni menandatangani komitmen bersama percepatan penurunan angka stunting. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Grobogan – Pemkab Grobogan menargetkan bisa mencapai zero stunting pada 2026 mendatang. Hal itu diungkapkan Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam acara Rembug Stunting dan Pengukuhan Tim Percepatan Penurunan Stunting di ruang Riptaloka, setda setempat, Rabu (22/6/2022).

Sri Sumarni memaparkan, angka stunting di Grobogan terus menurun. Bahkan, prevalensi stunting pada 2021 menjadi yang terbaik di antara 246 kabupaten dan kota dari 12 provinsi prioritas. Adapun angkanya, yakni sebesar 9,6 persen.

”Alhamdulillah, tahun 2021 telah dicapai prestasi sebagai kabupaten dengan angka stunting terendah se-Jateng. Juga merupakan satu dari dua kabupaten di Indonesia yang angka stuntingnya kurang dari 10 persen,” papar mantan Ketua DPRD Grobogan itu.

Baca juga: Grobogan Siapkan Aplikasi untuk Akurasi Data Stunting

Capaian tersebut bahkan lebih baik dibanding target pada akhir 2024 yakni sebesar 14 persen. Ia menekankan agar capaian itu bisa dipertahankan. Sebab dengan capaian tersebut membuat nama Grobogan dikenal pemerintah pusat.

Sri juga mengharapkan pada 2026 atau akhir tahun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Grobogan, angka stunting bisa ditekan hingga nol alias zero.

”Di akhir RPJMD 2026, Grobogan bisalah mencapai zero stunting,” kata Bupati.

Meski begitu, Bupati mengingatkan agar penginputan data lebih dioptimalkan di aplikasi e-PPGBM (elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat). Pendataan ditingkatkan dari 80 persen menjadi hingga 100 persen.

Selain itu, Bupati berharap agar penanganan spesifik dan sensitif melalui OPD terkait juga dioptimalkan. Yakni dengan prioritas pengadaan alat ukur dan timbang.

 

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Dani Agus

Comments
Loading...