Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Peringati Hari Jadi, SMK PGRI Tayu Pati Gelar Servis Gratis untuk Motor Penyandang Disabilitas

Peringati Hari Jadi, SMK PGRI Tayu Pati Gelar Servis Gratis untuk Motor Penyandang Disabilitas
Foto: Layanan servis dan ganti oli gratis untuk motor milik penyandang disabilitas di halaman Kantor Kecamatan Tayu, Rabu (22/6/2022). (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI Tayu, Pati, Jawa Tengah, menggelar servis dan ganti oli gratis untuk motor milik penyandang disabilitas, Rabu (22/6/2022).

Acara yang digelar di halaman kantor Kecamatan Tayu ini merupakan salah satu rangkaian sewindu SMK PGRI Tayu atau ulang tahun ke-8 SMK PGRI Tayu.

”Selama satu hari kita laksanakan acaraservis dan ganti oli gratis untuk teman-teman penyandang disabilitas. Kuotanya sekitar 20 kendaraan. Ini wujud kepedulian dan bakti sosial SMK PGRI Tayu terhadap kaum disabilitas,”ujar Kepala SMK PGRI Tayu Anis Purwo Setianingsih.

Baca juga: Menengok Teater Ismi SMKN Jateng Pati

Dalam kegiatan ini, pihaknya menerjunkan siswa-siswa terpilih untuk menyervis motor. Siswa-siswa ini terdiri dari kelas XI dan XII yang sudah pernah mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL).

”Untuk siswa yang kelas XII sudah mengikuti uji kompetensi keahlian, jadi sudah mahir. Sedangkan yang kelas XI sudah mengikuti PKL. Sehingga kompetensi mereka tidak diragukan lagi,” kata dia.

Dalam menyukseskan acara ini, pihaknya juga bekerja sama dengan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati dan Yamaha Mataram Sakti. ”Kami menggandeng Yamaha karena SMK PGRI Tayu adalah binaan Yamaha,” sambung Anis.

Sementara itu, Ketua PPDI Pati Suratno merasa senang dengan adanya kegiatan ini. Ia menilai, kegiatan semacam ini dapat membantu para anggotanya untuk memperbaiki motor roda tiga.

”Alhamdulillah, ini kesempatan teman-teman karena banyak motornya yang kurang enak. Teman-teman senang. Ada dari berbagai kecamatan hadir di sini. Bahkan se-kecamatan Pati ke sini semua untuk mengikuti servis gratis,” kata Suratno.

Ia pun berharap pihaknya tidak hanya diberikan layanan servis motor gratis. Suratno meminta agar ke depannya ada pelatihan servis motor untuk kaum disabilitas.

”Harapannya bisa lebih dari ini. Ada program pelatih untuk servis. Sehingga bila ada keluhan di jalan, bisa mengatasi sendiri. Saat ini teman-teman banyak yang ndak paham. Selama ini di servis umum, namun untuk motor roda tiga ini ada bengkel yang tahu dan ada yang ndak,” tandas dia.

 

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Dani Agus

Comments
Loading...