Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Retribusi Parkir Tepi Jalan di Kudus Baru Tercapai 32 Persen

Juru parkir membantu pengendara menata kendaraan. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus — Realisasi pendapatan dari sektor parkir pinggir jalan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, baru tercapai 32,79 persen meski kini sudah masuk pertengahan tahun 2022.

Dari target yang ditetapkan sebesar Rp 1,067.873.000, kini baru tercapai sekitar Rp 350.122.000. ini tercatat hingga 13 Juni 2022.

Diketahui, parkir tepi jalan yakni tarif parkir yang ada di beberapa titik di tepi jalan umum di Kota Kretek. Seperti di Jalan Sunan Muria, Jalan Sunan Kudus, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Ahmad Yani, dan berbagai jalan lainnya.

”Belum ada setengah dari target ketercapaiannya. Tetapi kami masih memiliki waktu hingga akhir tahun ini,” kata Kepala UPTD Parkir dan Terminal Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus Wahyudi Eko Wuryanto, Rabu (22/6/2022).

Ia memastikan, pihaknya akan terus berpacu dengan sisa waktu yang ada. Yakni dengan cara memaksimalkan petugas parkir outsourcing di lapangan dan juga mengoptimalkan juru parkir (jukir) di lapangan.

”Kami optimistis bisa tercapai targetnya. Kalau misal tidak tercapai paling tidak bisa tercapai 92 persen dari target, seperti tahun lalu,” sambungnya.

Baca: Saat Parkir Motor Lebih Aman Pakai Standar Tengah, Ini Alasannya

Soal nominal tarif parkir, pihaknya juga memberikan penjelasan. Kendaraan mobil ditarif Rp 2 ribu. Sedangkan kendaraan sepeda motor ditarif seribu rupiah.

”Nominalnya kami menyesuaikan Perda Nomor 7 Tahun 2011 yang mengatur retribusi parkir tepi jalan umum,” ujarnya.

Pihaknya berharap target retribusi parkir tepi jalan umum tahun ini bisa tercapai. Sehingga dapat membantu Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kudus.

”Harapan kami tentu bisa mencapai target. Setidaknya, minimal bisa seperti tahun kemarin dengan ketercapaian sebesar 92 persen,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...