Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Miris, Utang Indonesia Capai Rp 7.040,32 Triliun

Miris, Utang Indonesia Capai Rp 7.040,32 Triliun
Ilustrasi

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan bahwa utang Indonesia hingga saat ini sudah mencapai Rp Rp 7.040,32 triliun.

Kondisi tersebut justru diakuinya semakin menurun, sekali pun terdapat tekanan dengan adanya kondisi global yang semakin tidak menentu.

Sri Mulyani juga menilai bahwa rasio utang luar negeri tersebut dalam kategori sehat karena adanya penurunan rasio terhadap PDB.

”Tercatat rasio utang terhadap PDB saat ini adalah 39% dengan nominal utang mencapai Rp7.040,32 triliun,” katanya, dikutip dari Okezone.com, Rabu (22/6/2022).

Baca: Fantastis, Utang Luar Negeri Indonesia Capai Rp 5.953 Triliun

Sri mencatat penerimaan yang kuat dari ledakan komoditas berhasil mendorong penurunan rasio utang terhadap PDB sebesar 13%.

”Pandemi sekarang sudah memasuki tahun ketiga, tapi masih banyak negara yang mengalami defisit sangat dalam. Beberapa negara bahkan rasio utangnya dramatis, sudah mencapai di atas 60% bahkan ada yang 80% bahkan 100% terhadap PDB,” terangnya.

Baca: LADI Punya Hutang Ke WADA, Indonesia Kena Sanksi

Dia mengatakan, bagi negara yang berpenghasilan rendah dan rentan, kondisinya menjadi tidak berkelanjutan.

”Melihat situasi tersebut, kepemimpinan Indonesia dalam Presidensi G20 berupaya untuk menyelaraskan kerangka kebijakan dan diskusi bersama negara G20 untuk mencari solusi untuk negara berpenghasilan rendah yang tengah terlilit utang,” tambahnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Okezone.com

Comments
Loading...