Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Layanan Pengurusan Hak Kekayaan Intelektual segera Dibuka di Mal Pelayanan Publik Blora

Layanan Pengurusan Hak Kekayaan Intelektual segera Dibuka di Mal Pelayanan Publik Blora
Bupati Blora Teken Nota Kesepahaman dengan Kanwil Kemenkumham Jateng (istimewa)

MURIANEWS, Blora – Terobosan untuk meningkatkan layanan publik terus dilakukan Bupati Arief Rohman. Terbaru, Bupati menggandeng Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng untuk merintis kerjasama pembukaan layanan pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Blora.

Sebagai langkah awal, Bupati Arief Rohman pun melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin. Penandatanganan dilakukan di Gedung Weeskamer Kemenkumham, Kota Lama Semarang, Selasa (21/6/2022).

”InshaAllah dengan penandatanganan nota kesepahaman ini, dalam waktu dekat Kemenkumham Jateng akan membuka layanan pengurusan Hak Kekayaan Intelektual di MPP Blora,” ucap Bupati.

Baca juga: Asyik! Ada Wisata Petik Buah Semangka di Blora, di Sini Lokasinya Lur

Menurut Bupati, saat ini masih banyak produk kerajinan dan UKM Blora yang belum di HKI-kan. Sehingga masih ada potensi ditiru atau dijiplak pihak lain.

”Maka dengan hadirnya pelayanan HKI di MPP nantinya bisa mendukung kepastian hukum produk kerajinan dan UKM yang ada di Kabupaten Blora. Terimakasih Kanwil Kemenkumham Jateng,” tambah Arief.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin, merasa senang atas jalinan kerjasama yang dilakukan dengan Pemkab Blora. Menurutnya, di Jawa Tengah ini kaya potensi kerajinan, produk UKM dan merk dagang yang potensial menembus pasar ekspor. Hanya saja masih banyak yang terkendala dengan kepengurusan HKI nya yang meliputi hak cipta, hak paten, merk dagang dan lainnya.

”Sehingga kami terdorong untuk mempermudah pelayanan HKI hingga tingkat Kabupaten. Salah satunya dengan Blora ini. Semoga nanti bermanfaat untuk sektor kerajinan, UKM dan industri dagang di Kabupaten Blora,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Blora Bondan Arsiyanti menyampaikan, pembukaan pelayanan HKI oleh Kanwil Kemenkumham Jateng ini akan segera ditindaklanjuti usai penandatanganan nota kesepahaman.

”Segera, setelah sarprasnya kita siapkan di MPP. Langkah awal akan kita kirimkan SDM di DPMPTSP untuk mengikuti pelatihan yang akan dilaksanakan langsung oleh Kanwil Kemenkumham,” ungkap Bondan.

 

 

Kontributor Blora
Editor: Dani Agus

Comments
Loading...