Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Komponen Transmisi yang Terdapat pada Mobil Manual

Ini Komponen Transmisi yang Terdapat pada Mobil Manual
Foto: Ilustrasi transmisi mobil manual (AutoPhotography dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Transmisi merupakan bagian yang sangat penting pada mobil. Transmisi berfungsi sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda mobil supaya kendaraan dapat berjalan.

Ada dua jenis transmisi yang terdapat pada mobil. Yakni, transmisi otomatis dan manual. Biasanya transmisi manual dikendalikan dengan kopling, sementara transmisi otomatis dapat dijalankan tanpa harus mengatur gigi.

Perlu diketahui, transmisi mobil terdiri dari berbagai komponen yang saling berkesinambugan yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mesin kendaraan,

Baca juga: Catat! Transmisi CVT Mobil Jebol Bisa Disebabkan Kebiasaan Sepele lho

Lantas apa saja komponen yang ada pada transmisi mobil manual? Melansir dari Auto2000.co.id, berikut adalah komponen transmisi mobil manual.

Poros Input Transmisi (Transmission Input Salt)

Komponen ini pada dasarnya adalah poros atau roda gigi yang bekerja sama dengan kopling. Poros input transmisi berfungsi memutar gigi pada gearbox.

Gigi Transmisi (Gear Transmission)

Gigi transmisi berfungsi untuk mengubah input tenaga yang dihasilkan oleh mesin menjadi output gaya torsi. Perubahan gigi transmisi akan disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan.

Gigi Penyesuaian (Synchcroniser)

Komponen ini berperan agar pengendara tetap bisa memindahkan gigi dengan aman dan nyaman. Jadi meski mobil pengendara masih keadaan berjalan, dapat dengan aman memindahkan gigi.

Garpu Pemindah (Shift Fork)

Garpu pemindah pada dasarnya berfungsin untuk memindahkan gigi pada porosnya. Adanya komponen ini akan memudahkan untuk dipasang atau bahkan dipindahkan.

Penghubung (Shift Linkage)

Tuas penghubung berfungsi sebagai penghubung antara tuas persneling dengan shift fork atau garpu pemindah.

Tuas Transmisi atau Tuas Pemindah Persneling (Gear Shift Lever)

Komponen ini berfungsi untuk pengendali agar pemudi dapat melakukan perpindahan gigi transmisi sesuai dengan kondisi yang diinginkan. Komponen ini umumnya terletak berdekatan dengan pengemudi.

Bak Transmisi (Transmission Case)

Bak transmisi digunakan untuk dudukan bearing transmisi  dengan poros-porosnya. Selain itu juga dapat digunakan untuk wadah penyimpan oli transmisi pada mobil. Maka dari itu pergerakan atau pergeseran setiap komponen di dalam sistem transmisi mobil tetap lancar dan halus.

Output Shaft

Output shaft adalah poros yang berfungsi untuk mentransfer torsi yang berasal dari sistem transmisi ke gigi terakhir. Selain itu, komponen ini dapat digunakan sebagai dudukan persneling pada sebuah mobil.

Bantalan atau Bearing (Main Bearing)

Komponen ini berfungsi mengurangi gesekan yang terjadi antara permukaan komponen yang berputar di dalam sistem transmisi.

Counter Gear

Counter gear digunakan untuk menghasilkan torsi dari gigi input menuju gigi kecepatan.

Reverse Gear

Reverse gear berguna untuk mengubah putaran output shaft. Komponen ini yang membuat mobil dapat berjalan mundur saat menggerakkan tuas persneling ke arah reverse gear.

Hub Slave

Komponen berfungsi sebagai pengunci penyesuaian gigi percepatan. Adanya komponen ini dapat membuat output shaft menjadi bisa berputar dan juga berhenti.

Speedometer Gear

Speedometer gear berguna untuk memantau kecepatan mobil yang sedang dikendarai.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Comments
Loading...