Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kejuaraan Tenis Meja ASEAN

Kalah dari Wakil Singapura, Siti Aminah Hanya Tambah Perunggu

Siti Aminah saat bertanding dengan wakil Singapura Tan Zhao Yun. (Murianews/Budi Erje)

MURIANEWS, Bangkok – Pemain Timnas Tenis Meja Indonesia Siti Aminah yang bermain di nomor tunggal junior putri hanya bisa menyumbang medali perunggu di laga lanjutan Southeast Asian Junior & Cadet Table Tennis (SEAJCTTC) 2022, Selasa (21/6/2022).

Medali itu diraih setelah pemain besutan PTM Sukun itu kalah melawan wakil Singapura Tan Zhao Yun di pertandingan semifinal. Aminah kalah 1-4 dan terpaksa menyudahi angan-angan melaju ke final.

Dengan hasil ini Timnas Indonesia Tenis Meja total sudah mengoleksi empat medali perunggu. Keempatnya berasal dari nomor beregu kadet putra, beregu kadet putri, beregu junior putri, dan tunggal junior putri.

Menghadapi Tan Zhao Yun dari Singapura, Aminah sebenarnya berhasil menekan di set pertama. Peraih medali perunggu di SEATTA 2018 Filipina itu berhasil mengembangkan permainan drive dengan cop-cop yang ulet.

Sesekali Aminah juga melakukan smash mematikan, dan berhasil mencuri poin. Meskipun berjalan alot dan terjadi kejar-kejaran nilai, di set pertama ini Aminah berhasil menang 11-9.

Baca: Lolos ke Semifinal, Siti Aminah Jaga Asa Tambah Medali di SEAJCTTC

Memasuki set kedua, baik Siti Aminah maupun Tan Zhao Yun kembali terlibat dalam permainan ketat. Tan Zhao Yun berhasil bangkit dan mampu tampil lebih impresif. Meskipun memilih bermain lebih difense, pemain Singapura ini berhasil mendapatkan poin.

Akibatnya, kejar-kejaran poin tak terhindarkan. Hanya saja, Aminah tercecer. Permainannya berubah menjadi agak terburu-buru dan banyak membuat kesalahan dan membuat pertandingan set kedua berakhir 7-11 untuk Aminah.

Kekalahan di set kedua ini membuat psikis Aminah ambruk. Di set ketiga ia tertinggal dalam pengumpulan poin. Meski sempat berusaha mengejar, akhirnya Aminah menyerah di 8-11.

Hasil set ketiga ini membuat Aminah tertinggal 1-3. Pertandingan semifinal yang menggunakan format tiga kali kemenangan, sebenarnya masih memberi kesempatan bagi Aminah.

Namun, di set keempat, Aminah yang mencoba bangkit sudah terlambat. . Tan Zhao Yun terlanjur mendapatkan kepercayaan diri. Pemain Singapura ini pun berhasil menutup pertandingan dengan kemenangan 11-6.

Baca: Aminah, Timnas Asal PTM Sukun Kantongi Satu Kemenangan di Kualifikasi Olimpiade Tokyo

Hasil ini membuat langkah Siti Aminah terhenti di semifinal. Dengan demikian pemain PTM Sukun ini hanya berhak atas medali perunggu. Untuk semifinalis yang kalah, di turnamen ini berhak mendapatkan medali perunggu bersama.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...