Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Indera Detektif Anggota Satreskim Polres Jepara Diadu

Indera Detektif Anggota Satreskim Polres Jepara Diadu
Anggota reskrim sedang berlomba melaksanakan olah TKP di Mapolres Jepara. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Indera detektif anggota Satreskrim Polres Jepara Polda Jateng diadu. Itu menyusul diselenggarakannya Lomba Olah TKP dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76 di Mapolres Jepara.

Kegiatan itu diikuti 45 anggota satreskrim di semua Polsek wilayah Polres Jepara. Mereka dibagi dalam tiga tim. Masing-masing terdiri dari 15 personel. Setiap tim dipimpin Kapolsek sebagai manajer Olah TKP.

Meski sekadar perlombaan, kegiatan itu dimaksudkan untuk meningkatkan keahlian personel Satreskrim Polres Jepara. Utamanya, dalam melaksanakan tindakan pertaman di TKP (TPKP) dan Olah TKP.

Baca: Ironis, Anak Diperkosa Ayah Tiri di Jepara

”Lomba ini untuk mengingat kembali materi terkait pentingnya olah TKP,” kata Satreskrim Polres Jepara AKP M Fachrur Rozi, Selasa (21/6/2022).

Dalam perlombaan itu, masing-masing mendapatkan sebuah perkara yang berbeda. Tim pertama dihadapkan dengan kasus pembunuhan di sebuah lapangan parkir.

Kemudian, tim kedua melakukan olah TKP peristiwa pembunuhan disertai pemerkosaan di sebuah ruangan. Terakhir, tim kedua harus melakukan olah TKP pembunuhan dengan modus gantung diri.

”Tiga kasus ini berbeda. Ketiganya ada hal-hal teknis yang harus diketahui penyidik untuk mengecek atau mengambil barang bukti di TKP,” jelas Rozi.

Dalam lomba ini, ada enam juri yang menilai. Masing-masing tiga dari Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jateng dan Bidang Laboratorium Forensik Polda Jateng.

”Yang dinilai manajemen TPKP. Bagaimana yang bertugas mengamankan barang bukti. Bagaimana pengambilan dokumentasi. Dan apa saja yang dilakukan di dalam TKP,” katanya.

“Ini sering terlupaka karena itu kami melaksabakan lomba ini untuk mengingatkan kembali betapa pentingnya Olah TKP apabila terjadi tindak pidana,” imbuh Rozi.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...