Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kawasan Makam Ki Ageng Selo Grobogan Dikembangkan

Kawasan Makam Ki Ageng Selo Grobogan Dikembangkan
Kepala Disperakim Grobogan Siswanto. (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Kawasan makam Ki Ageng Selo di Desa Selo, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan, Jawa Tengah bakal dikembangkan. Pengembangannya tetap memperhatikan kearifan lokal masyarakat setempat.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperakim) Grobogan Siswanto mengungkapkan, kompleks Makam Ki Ageng Selo sangat potensial. Sebab memiliki kekhasan yang tidak dimiliki daerah lain.

Dia memaparkan, ada dua hal yang bisa mengangkat potensi pariwisata di sana. Yakni sesuatu yang tidak dipunyai daerah lain dan adat istiadat yang mendukung.

Baca: Ki Ageng Selo Tinggalkan Wasiat untuk Umat, Ini Daftarnya

”Jadi, ada sesuatu yang tidak dipunyai desa lain, dan ini tidak mengada-ada. Karena memang sudah masuk cagar budaya,” kata Siswanto, Selasa (21/6/2022).

Menurut Siswanto, pengembangan makam salah satu tokoh legenda itu juga memiliki kelebihan adanya pepali.

Ya, Pepali Ki Ageng Selo cukup dikenal masyarakat. Pepali itu berisi sebuah peringatan yang harus dipatuhi masyarakat apabila ingin mendapat berkah.

”Kita tinggal mengembangkan apa yang menjadi warisan cagar budaya. Apalagi ada pepalinya, lingkungan juga mendukung. Kalau ini kita biayai, lingkungan kita gerakkan, insyaallah ini akan berkembang,” paparnya.

Lebih lanjut, Siswanto memaparkan konsep yang mungkin diterapkan di kawasan tersebut. Misalnya, kata Siswanto, terdapat media edukasi anak-anak di sana.

”Misalnya, setiap sore ada agenda mengaji atau membaca buku-buku agama yang dipelopori pondok-pondok di sana. Sehingga, pondok-pondok yang sudah ada ini saling terkait dengan program religi,” imbuhnya.

Selain itu, Siswanto mengatakan, bisa juga dengan program berbahasa arab pada hari-hari tertentu oleh masyarakat sekitar. Hal itu nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi warga luar daerah.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...