Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Melihat Sedekah Bumi di Desa Pancasila Pati

Melihat Sedekah Bumi di Desa Pancasila Pati
Sedekah bumi di Desa Jrahi, Gunungwungkal, Pati, Jawa Tengah, Selasa (21/6/2022). (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Kegiatan Sedekah Bumi digelar di area Gili Malang, Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Selasa (21/6/2022).

Desa yang dikenal sebagai Desa Pancasila itu ramai dikunjungi warga. Mereka berebut berkatan dan gunungan yang telah disediakan.

Ribuan berkatan disetiakan warga setempat bagi masyarakat yang hadir di kegiatan sedekah bumi. Setiap rumah warga menyediakan empat berkatan.

Baca: 8 Pesona Desa Wisata Jrahi Pati, Sayang Kalau Dilewatkan

Berkatan itu berisi nasi lengkap dengan lauk pauknya. Kemudian, berkatan itu dikumpulkan di masing-masing ketua RT setempat sebelum dibawa ke punden.

Selain berkatan, hasil bumi seperti kopi, jambu, buah kakau, terong dan beberapa hasil bumi lainnya juga disediakan warga. Hasil bumi dan berkatan diarak keliling desa sebelum dibawa ke punden untuk didoakan.

Hasil bumi ditumpuk sedemikian rupa hingga membentuk gunungan. Sedangkan berkatan ditempatkan di miniatur rumah, warga desa sekitar menyebut Pucak.

Kepala Desa Jrahi, Miko Adi Setyawan, mengatakan, rangkaian sedekah bumi sudah dimulai sejak Senin (20/6/2022). Makna acara ini merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil bumi yang didapatkan.

”Sejak kemarin kita melakukan bersih-bersih desa, kalau orang bilang itu sedekah bumi. Ini sebagai wujud rasa syukur berkat panen kemarin Yang diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujar Miko.

Ia mengungkapkan setiap tahun di bulan Apit atau bulan ke 11 penanggalan Jawa, acara ini digelar. Namun dua tahun terakhir tidak semeriah ini lantaran adanya pandemi Covid-19.

”Setiap setahun sekali memang Senin Pahing dan Selasa Pon. Memang beda dengan dua tahun lalu yang berlangsung sederhana dan warga luar desa tidak dibolehkan masuk,” kata Miko.

Ia menilai, Sedekah Bumi ini juga menjadi momen untuk menyatukan warganya. Meskipun warganya dari berbagai golongan agama, namun tetap guyub rukun ikut menyukseskan acara ini.

Diketahui, Desa Jrahi mempunyai masyarakat yang plural. Ada tiga agama dan satu penghayat kepercayaan, yakni, Islam, Kristen, Budha dan Sapto Darmo. Mereka hidup rukun berdampingan.

”Sedekah bumi ini menyatuhkan seluruh golongan masyarakat yang ada di Desa Jrahi,”

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...