Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Siap-Siap! Subsidi Gas Elpiji 3 Kg Bakal Dialihkan ke Kompor Listrik

Siap-Siap! Subsidi Gas Elpiji 3 Kg Bakal Dialihkan ke Kompor Listrik
Ilustrasi Kompor Listrik (Freepik)

MURIANEWS, Jakarta – Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, pemerintah berencana akan mengalihkan subsidi gas Elpiji ukuran 3 kilogram ke kompor induksi atau kompor listrik. Rencana tersebut disampaikan saat rapat dengan Komisi VI DPR RI pekan lalu.

Darmawan mengaku bahwa saat ini pihaknya tengah menggodok program tersebut bersama dengan pemerintah.

”Kami menggodok program dengan pemerintah bagaimana tadinya subsidi untuk Elpiji bisa direalisasikan untuk mempercepat penggunaan kompor induksi ini untuk pembelian kompor listrik dan utensil-nya sehingga di sini ada pergeseran penggunaan,” ujar Darmawan, dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (21/6/2022).

Menurutnya, dengan kebijakan tersebut pihaknya menargetkan untuk pengguna kompor listri di Indonesia bisa mencapai 15 juta rumah tangga. Bahkan realisasinya dimungkinkan akan berlaku mulai tahun ini.

Baca: Emak-Emak Coba Bandingkan, Lebih Murah Mana Elpiji atau Kompor Listrik

Darmawan menjelaskan bahwa dengan adanya pengalihan subsidi dari gas elpiji ke kompor listrik ini akan menghemat keuangan negara. Dirinya menghitung, dana yang dibutuhkan untuk pengadaan kompor listrik sebesar Rp 10.350 per ekuivalen, sedangkan untuk elpiji sebesar Rp 18 ribu per kilogram.

”Jadi per kg (elpiji) dan listrik ekuivalen (hemat) sekitar Rp7 ribu. Ini yang sedang kami godok dengan pemerintah,” terang Darmawan.

Oleh karena itu, ia berharap pemerintah mengalokasikan dana penyertaan modal negara (PMN) untuk subsidi kompor listrik.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...