Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Vaksinasi PMK di Grobogan Mulai Agustus

Vaksinasi PMK di Grobogan Mulai Agustus
Pasar hewan di Grobogan masih tutup menyusul merebaknya PMK. (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah ditarget dimulai Agustus 2022. Sasarannya sekitar 205 ribu sapi potong, dan 150 ribu kambing serta domba.

Itu diungkapkan Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan Kesmavet) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Grobogan Andreas Iwan Suseno.

Ia menerangkan, pihaknya kini sedang menyiapkan petugas vaksinasi. Itu menyusul target vasinasi PMK pemerintah pusat pada Agustus nanti.

Baca: PMK di Grobogan Capai Ribuan, Ini Langkah Pemkab Hadapi Iduladha

”Belum ada alokasi dari pemerintah pusat. Kemungkinan vaksinasi pada Agustus. Kami sudah menyiapkan petugas, mereka pun telah dilatih,” papar Andreas, Selasa (21/6/2022).

Andreas mengatakan pihaknya sudah diminta kementerian untuk melakukan pendataan jumlah populasi hewan ternak per kecamatan dan ketersediaan petugasnya. Data tersebut sudah dikirim ke Kementerian.

”Data sudah kami kirimkan, tinggal menunggu alokasi, berapa yang dialokasikan ke Jawa Tengah dan Kabupaten Grobogan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Andre mengatakan, pihaknya kini masih menunggu petunjuk teknis mengenai vaksinasi PMK ini. Seperti, bagaimana metode vaksinasi, cara pelaporannya, dan beberapa hal teknis lain.

Dalam vaksinasi nanti, pihaknya akan menerapkan skala prioritas. Di mana, ternak dengan kriteria tertentu yang akan disuntik vaksin.

Untuk diketahui, data per 20 Juni 2022, total kasus aktif yakni 940 ekor, sembuh 192 ekor, sedangkan mati akibat PMK 7 ekor.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...