Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jokowi Sebut Subsidi Bensin Bisa untuk Bangun IKN Nusantara

Jokowi Sebut Subsidi Bensin Bisa untuk Bangun IKN Nusantara
Presiden Jokowi (tangkapan layar)

MURIANEWS, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa saat ini pemerintah masih menyubsidi BBM jenis pertalite dan solar. Bahkan jumlah subsidi yang digelontorkan diakui sangat besar, hingga bisa untuk bangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Jokowi mengatakan, harga pertalite yang saat ini, yakni Rp 7.650 merupakan bukan harga sebenarnya. Bahkan apabila dibandingkan dengan negara lain, harga tersebut jauh lebih murah.

”Kita saat ini sebagai contoh, harga bensin saja, harga Pertalite saja Rp 7.650, Pertamax Rp 12.500. Hati-hati ini bukan harga sebenarnya, ini harga yang kita subsidi dan subsidinya besar sekali,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada Rakernas PDI-P di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Selasa (21/6/2022).

Baca: Petani dan Nelayan Boleh Beli BBM Subsidi Pakai Jeriken, Ini Syaratnya

Jokowi membandingkan harga bensin di Singapura dan Jerman yang mencapai Rp 31.000. Sementara di Thailand Rp 20.000.

”Kita masih Rp 7.650, tapi ini yang harus kita ingat, subsidi kita ke sini bukan besar, (tapi) besar sekali. Bisa buat bangun ibu kota satu. Karena angkanya sudah Rp 152 triliun,” tegasnya.

Jokowi menekankan, kondisi seperti ini harus dipahami semua pihak. Sebab belum bisa dipastikan sampai kapan negara bisa bertahan dengan subsidi sebesar itu.

Baca: Di Bangkok, BBM Dijual Banyak Perusahaan, Harganya Lebih Mahal Dibanding Indonesia

”Kalau kita enggak ngerti angka-angka, kita enggak merasakan betapa besarnya persoalan saat ini. Membangun ibu kota itu Rp 466 triliun, ini untuk subsidi. Tapi ini enggak mungkin tidak disubsidi sebab akan ramai. Itungan sosial politiknya juga kita kalkulasi,” jelas Jokowi.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Youtube PDIP

Comments
Loading...