Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jembatan Juwana Pati Urung Dibongkar, Ini Sebabnya

Jembatan Juwana Pati Urung Dibongkar, Ini Sebabnya
Jembatan Juwana pasca kebakaran. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Jembatan Juwana Pati, Jawa Tengah ternyata urung dibongkar. Padahal, rencananya jembatan di Jalan Panturan Pati-Rembang itu dibongkar pada 4 Juni 2022 lalu.

Bupati Pati Haryanto pun angkat suara terkait ini. Ia mengaku belum mengizinkan pembongkaran Jembatan Juwana.

Pasalnya, pihak rekanan atau pemegang proyek, PT Baja Titian Utama, belum menyiapkan dan memperbaiki jalur alternatif hingga kini.

Baca: Bukan 9 Bulan, Renovasi Jembatan Juwana Pati Bisa Sampai 2 Tahun

”Kalau jalur alternatif selesai, baru dibongkar. Kalau itu belum, ya ndak boleh dibongkar,” ujar Haryanto saat meninjau pembangunan PT HWI Pati, Senin (20/6/2022).

Dijelaskan, Jembatan Juwana Selatan yang rencana digunakan sebagai jalur pengganti belum diperbaiki dengan sempurna. Trotoar di jembatan itu juga belum selesai pemangkasan agar jalan lebih lebar.

”Masuk jembatan selatan itu belum diaspal hingga sekarang. Kemudian merampingkan trotoar (di Jembatan Selatan) juga belum selesai,” kata Haryanto.

Selain itu, jalur alternatif di depan SMEA Diponegoro Pati juga belum diperbaiki. Maka dari itu pihaknya belum mengizinkan pembongkaran Jembatan Juwana utama yang letaknya di sebelah utara itu.

Ia khawatir bila Jembatan Juwana Selatan dan jalur alternatif lainnya tidak disiapkan, kemacetan panjang akan terjadi. Haryanto tidak mau itu terjadi. Sebab, dampaknya langsung kepada masyarakat.

”Kemarin (rekanan) telpon saya, mereka kesulitan memenuhi jembatan alternatif atau jembatan gantung. Oke kalau kesulitan, lintasan-lintasan tadi mohon disiapkan dan diperbaiki,” ujarnya.

“Kalau sudah selesai silahkan dibangun. Jangan sampai ndak. Yang agak lama merapikan trotoar,” imbuh Haryanto.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...