Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PPDB, SMP di Kudus Diminta Siapkan Ruang Konsultasi

Ruang konsultasi PPDB SMP 2 Kaliwungu Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Semua SMP negeri di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diminta untuk menyiapkan ruang konsultasi dan informasi untuk melayani informasi seputar penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Sehingga ketika ada wali murid maupun siswa yang kebingungan terkait hal ini, mereka bisa menuju ke sekolahan untuk mendapat informasi lanjutan.

”Semua SMP di Kudus yang menggelar PPDB kami instruksikan untuk menyiapkan ruang konsultasi, lengkap dengan petugas dan laptop untuk melayani konsultasi siswa yang kesulitan mendaftar secara daring,” kata Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus Moh Zubaidi di sela pantauan PPDB di SMP 2 Kaliwungu, Selasa (21/6/2022).

Selain pihak SMP, pihak sekolah dasar (SD) juga diminta membantu siswanya yang hendak mendaftar ke SMP secara daring.

Ketika masih menghadapi kesulitan, maka siwanya bisa datang langsung diarahkan ke SMP yang menjadi pilihan pertamanya.

Baca: Ganjar Pastikan PPDB SMA/SMK Tak Ada Kendala

Disdikpora memastikan akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi seputar pelaksaan PPDB di Kota Kretek. Hal tersebut dilakukan agar proses itu bisa berjalan dengan lancar.

”Memang secara sistem agak rumit makanya butuh bimbingan bersama agar anak-anak ini proses PPDB-nya lancar,” pungkasnya.

Kepala SMP 2 Kaliwungu Kudus Ahmad Shofya Edi menyatakan, kesiapannya untuk menjalankan instruksi dari Dinas Pendidikan.

Baca: PPDB, SMAN 1 Kudus Dipenuhi Calon Siswa untuk Verifikasi

Pihak sekolah, kini juga telah menyiapkan setidaknya 13 orang untuk melayani informasi seputar PPDB di sekolahnya.

Hingga kini, lanjut dia, sudah ada 102 pendaftar, meliputi jalur prestasi sebanyak 27 orang dan jalur afirmasi sebanyak 25 pendaftar. Sedangkan kuota yang dimiliki sekolahnya sebanyak 248 siswa yang dibagi menjadi delapan rombongan belajar.

”Ini masih akan bertambah mengingat waktu pendaftarannya juga sampai Sabtu akhir pekan ini,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...