Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dilaporkan ke BK DPRD, Ketua Gerindra Kudus Angkat Suara

Ketua DPC Gerindra Kudus Sulistyo Utomo. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Empat anggota Fraksi Gerindra DPRD Kudus dilaporkan ke Badan Kehormatan (BK) DPRD Kudus. Laporan dilayangkan lantaran mereka ditengarai sering mangkir rapat.

Ketua DPC Parti Gerindra Kabupaten Kudus Sulistyo Utomo pun angkat suara. Ia menjadi salah satu anggota DPRD yang dilaporkan ke BK DPRD.

Laporan itu ditengarai karena dampak dari proses pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPRD Kudus dari Partai Gerindra.

Pihak yang di PAW, kata Sulis, dimungkinkan tak bisa menerima keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Sulis pun tidak memungkiri kondisi internal partainya kini sedang mengalami gejolak.

”Kami dari DPC kan hanya menjalankan apa yang diinstruksikan DPP. Kalau tidak saya tindaklanjuti kan DPC yang salah, jadi ya bagaimana, mungkin ya kaitannya seperti itu,” katanya pada Murianews melalui sambungan telepon, Senin (21/6/2022).

Walau demikian, pihaknya akan mencoba mendalami permasalahan ini dan mencari solusinya.

Diharapkan kondisi internal partai bisa kondusif kembali dalam waktu yang singkat. Termasuk di antaranya pelaporan empat anggota dewan dari partainya itu.

”Kami akan dalami yang pelaporan ini, karena kami tidak ingin berbicara tanpa bukti ya,” sambung dia.

Baca: Empat Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kudus Dilaporkan ke BK

Sulis sendiri mengatakan menurut sepengetahuannya, empat anggota dewan yang dilaporkan itu termasuk dirinya. Kemudian ada nama Sandung Hidayat, Abdul Basyidh Shidqul Wafa, dan Zaenal Arifin.

”Ya ada nama saya, tapi sepenilaian saya, saya telah menjalankan apa yang menjadi kewajiban saya sebagai anggota dewan, dan apabila saya dipanggil pihak BK, saya akan memberikan keterangan sejelas-jelasnya,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, mantan Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu Gerindra Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Muhammad Asnawi, melaporkan empat anggota DPRD Kudus dari Fraksi Gerindra ke Badan Kehormatan DPRD Kudus.

Mereka dilaporkan karena dianggap melanggar pasal 193 ayat (2) huruf d UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah juncto pasal 134 ayat 3 huruf d tentang Tata Tertib DPRD Kudus.

”Mereka tidak tertib dalam menjalankan amanahnya sebagai anggota dewan yang dipilih rakyat Kudus. Yakni mangkir dari rapat perumusan kebijakan maupun rapat paripurna lebih dari enam kali,” kata Muhammad Asnawi.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...