Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kejuaraan Tenis Meja ASEAN

Lolos ke Semifinal, Siti Aminah Jaga Asa Tambah Medali di SEAJCTTC

Pemain Indonesia, Siti Aminah berhasil lolos ke semifinal tunggal junior putri. (Murianews/Budi Erje)

MURIANEWS, Bangkok – Pemain Indonesia Siti Aminah berhasil menjaga asa untuk menambah medali di ajang Southeast Asian Junior & Cadet Table Tennis Championship (SEAJCTTC).

Itu terjadi setelah pemain besutan PTM Sukun tersebut berhasil menang dengan skor telak 3-0 saat melawan pemain Thailand, Patawan di Island Hall, Fashion Island, Bangkok, Selasa (20/6/2022) siang di nomor tunggal junior putri.

Saat ini Timnas Indonesia Tenis Meja tengah mengoleksi tiga medali perunggu. Ketiganya berasal dari nomor beregu kadet putra, beregu kadet putri, dan beregu junior putri.

Berdasarkan pantauan, Siti Aminah yang bermain dengan sabar, berhasil mengatasi perlawanan Patawan dengan skor 11-9. Memainkan bola-bola cop, dengan sabar Aminah menunggu kesempatan untuk mematikan permainan lawan. Pukulan backhand cepat banyak menjadi senjata yang membuat Patawan mati kutu.

Baca: Thailand Kuasai Nomor Beregu, Timnas Tenis Meja Indonesia Dapat Tiga Perunggu

Selanjutnya di set kedua, Siti Aminah malah berhasil lebih menekan sehingga Patawan banyak sekali melakukan kesalahan. Pada set kedua ini, pemain asal PTM Sukun Kudus ini menang mudah dengan skor 11-2.

Memasukin set ketiga, Patawan yang kesulitan mengembangkan permainannya mendapatkan advis dari pelatihnya. Hasilnya, pemain bertubuh besar ini mampu memberikan imbangan pada permainan Siti Aminah. Pemain Thailand ini sempat membuat Aminah kelabakan, dan mampu unggul 9-7.

Namun Aminah kembali menunjukan keuletannya, untuk bisa mengejar dan berbalik unggul 10-9. Di momen kritis ini, Patawa berhasil menyamakan skor menjadi 10-10. Tetapi Aminah sepertinya sudah terlanjur mendapatkan keyakinan dirinya, dan berhasil menutup kemenangan 12-10.

Dengan hasil itu, Siti Aminah berhasil menang 3-0, dan sekaligus melaju ke semifinal. Bagi Timnas Tenis Meja Indonesia, keberhasilan ini menjadi pencapaian terbaik dari semua pemain yang berada di Bangkok.

Di semifinal, Aminah akan berhadapan dengan pemain Singapura, Tan Zhao Yun. Pemain sebelumnya pernah dihadapi Aminah di nomor beregu Junior Putri. Di kesempatan pertama pertemuan itu, Siti Aminah menelan kekalahan 2-3. Sehingga ini menjadi momen bagi Aminah untuk mengambil revans atas pemain Singapura itu.

Baca: Wakil Indonesia di Kadet Putra Hanya Sisakan M Naufal di Babak 8 Besar

Pertandingan semifinal antara Siti Aminah Vs Tan Zhao Yun, akan berlangsung di lapangan 2 pukul 15.30 hari ini. Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Dony Prasetya Aji berharap Siti Aminah bisa terus meningkat penampilannya.

Asisten Pelatih Indonesia Donny Prasetyo Aji menilai dari satu pertandingan ke pertandingan yang dijalani, Aminah memiliki progress yang bagus. Pemain ini dinilai memiliki daya juang paling baik, di antara pemain-pemain yang dibawa ke SEAJCTTC 2022 di Bangkok.

”Saya kira peluang bagi Aminah masih terbuka untuk bisa membuat prestasi bagus di Bangkok ini. Asalkan bisa bermain sabar, tenang dan tidak takut, Aminah bisa mengambil hasil bagus,” ujar pelatih asal PTM Sukun itu.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...