Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Empat Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kudus Dilaporkan ke BK

Muhammad Asnawi (tengah) dalam jumpa pers pelaporan ke BK DPRD Kudus, Selasa (21/6/2022). (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Empat angota DPRD Kudus, Jawa Tengah, dilaporkan ke Badan Kehormatan (BK) DPRD Kudus. Keempat angota dewan itu berasal dari Fraksi Gerindra DPRD Kudus.

Pihak yang melaporkan yakni mantan Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu Gerindra Kabupaten Kudus Muhammad Asnawi. Namun ia belum menyebut nama empat anggota dewan itu.

Empat anggota dilaporkan karena dianggap melanggar pasal 193 ayat (2) huruf d UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah juncto pasal 134 ayat 3 huruf d tentang tata tertib DPRD Kudus.

”Atau singkatnya mereka tidak tertib dalam menjalankan amanahnya sebagai anggota dewan yang dipilih rakyat Kudus. Yakni mangkir dari rapat perumusan kebijakan maupun rapat paripurna lebih dari enam kali,” katanya dalam jumpa pers, Selasa (21/6/2022).

Asnawi menyebut, pihaknya telah mengantongi sederet bukti atas pelaporannya tersebut. Salah satunya adalah bukti absensi yang diperoleh langsung dari DPRD Kudus.

”Buktinya sudah ada, ketika nanti kami dipanggil Badan Kehormatan, kami akan melampirkan bukti-buktinya,” ujarnya.

Baca: Gerindra Ganti Satu Wakilnya di DPRD Kudus

Ketika nanti dugannya terbukti, baik partai maupun DPRD Kudus harus menentukan sikapnya. Yakni dengan melakukan pergantian antarwaktu (PAW) kepada nama-nama anggota DPRD yang terbukti melanggar aturan itu.

”Sebagaimana tercantum di Pasal 140 ayat 1 Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2018 yang menyebutkan jika PAW dilakukan setelah ada hasil dari verifikasi dan evaluasi dari Badan Kehormatan,” pungkasnya.

Baca: Gerindra Fokus Usung Prabowo di Pilpres 2024

Gerindra Kudus sebelum ini diterpa konflik internal di mana terjadi perselisihan sejumlah anggota, karena adanya pergantian PAW anggota DPRD Nurhudi yang akan digantikan dengan kader Gerindra lainnya, yakni Agus Wariono.

DPRD pun telah menyampaikan surat penyampaian PAW kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk bisa dilakukan verifikasi pada calon pengganti. Sementara pihak Nurhudi melayangkan protes akan proses pergantian antarwaktu tersebut.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...