Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ada 26 CCTV di Kudus Pantau Lalu Lintas di Jalan, Ini Titik-titiknya

Petugas Dishub Kudus memantau CCTV yang tersebar di sejumlah jalan di Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus — Kabupaten Kudus, Jawa Tengah memiliki 26 unit Closed Circuit Television (CCTV) yang merekam kepadatan arus lalu lintas dan kondisi keamanan di jalan raya. CCTV itu tersebar di sejumlah titik Kota Kretek.

CCTV di Kabupaten Kudus mulai dipasang sejak tahun 2017 lalu. Saat itu, hanya ada enam unit saja yang baru dipasang Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus.

Setahun kemudian, jumlah unit CCTV yang dipasang di jalan raya ditambah lebih banyak lagi.

”Pada tahun 2017 kami tambah 20 CCTV. Sehingga totalnya sampai saat ini ada 26 CCTV,” kata Kasi Sarana Prasarana Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Kudus Nanang Ary, Selasa (21/6/2022).

Puluhan CCTV itu dipantau petugas di ruang khusus yang ada di Kantor Dishub Kudus. Pengamatan Murianews, di ruangan tersebut terdapat dua layar yang menampilkan gambar yang terekam CCTV.

Di layar tersebut dapat melihat berbagai simpang jalan di Kudus, bahkan untuk mengetahui lebih detail arus lalu lintas di tiap-tiap simpang itu, dapat dilakukan zoom in.

Baca: CCTV Olike OM-H1, Kualitas Gambar Full HD Harga Cuma Rp 300 Ribuan

Saat ini sebanyak 26 CCTV masih aktif di berbagai titik di Kabupaten Kudus. Lokasi CCTV itu di antaranya, Simpang Tujuh Kudus, Simpang Empat DPRD Kudus, Simpang Empat Jember, Simpang Empat Jetak, Simpang Tiga Jati, Simpang Tiga Ngembalrejo, dan Simpang Empat Menara.

Kemudian ada persimpangan Simpang Empat Satlantas Polsek Kota (Mapolres Kudus lama), Simpang Empat Penthol, Pasar Kliwon (2 CCTV), Simpang Tiga Prima, Simpang Empat  Krawang (2 CCTV), Simpang Empat Jepang, Simpang Lima Barongan, Taman Bojana.

Kemudian ada di Simpang Empat Sempalan, Simpang Empat Panjang, Simpang Tiga Tugu Dawe (2 CCTV), Simpang Empat Kencing, Simpang Empat Matahari, Simpang Lima Tanjung, Taman Wisata Bakalan Krapyak, dan Taman Wisata Colo.

”Tujuan dari CCTV itu untuk memonitoing kepadatan arus lalu lintas,” sambungnya.

Baca: Rekaman CCTV Curanmor di Kota Tegal Viral di Medsos, Polisi Turun Tangan

Menurutnya, setelah mengetahui ketika arus lalu lintas sedang padat, pihaknya akan mengambil langkah untuk mengurai kemacetan. Biasanya hal itu dilakukan oleh pihak Dishub Kudus dengan pihak Satlantas Polres Kudus.

”Kami koordinasi dengan Satlantas Polres Kudus juga untuk mengurai kemacetan. Selain itu fungsi CCTV untuk mengetahui apabila terjadi kecelakaan,” tegasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...