Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kemenkumham Bakal Relokasi Lapas Ambarawa, Ini Lokasinya

Lapas Kelas II A Ambarawa. (Ditjenpas)

MURIANEWS, Semarang — Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin berencana melakukan pemindahan LP Kelas II A Ambarawa. Sesuai rencana, lapas Ambarawa itu akan dipindah ke lahan milik TNI AD yang berada di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Untuk memuluskan relokasi tersebut, pihaknya bahkan sudah melakukan audensi dengan Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono, di Makodam IV Diponegoro, Senin (20/6/2022) kemarin.

Yuspharuddin menjelaskan, selain untuk membicarakan relokasi tersebut,  kedatangannya ke Makodam IV Diponegoro itu juga membahas rencana relokasi Lapas Ambarawa.

Silaturahmi digelar karena semenjak Mayjen TNI Widi Prasetijono menjabat Pangdam IV Diponegoro menggantikan Mayjen TNI Rudianto, Kanwil Kemenkumham Jateng belum pernah melakukan kunjungan.

”Tentu kedatangan kami di sini dalam rangka menjaga tali silaturahmi yang telah terjalin baik dengan pihak Kodam IV Diponegoro. Sebenarnya, sudah sejak beberapa waktu yang lalu kami ingin bersilaturahmi, namun baru saat ini ada kesempatan yang baik, mengingat padatnya agenda Bapak Jenderal (Mayjen TNI Widi Prasetijono) dan kami di Kantor Wilayah,” kata Yuspahruddin seperti dikutip Antara.

Kakanwil Kemenkumham juga menyampaikan kedatangannya terkait rencana relokasi Lapas Kelas IIA Ambarawa di lahan pemberian Kodam IV Diponegoro.

Yuspahruddin mengaku juga telah mengirimkan surat kepada Menteri Hukum dan HAM terkait rencana relokasi Lapas Kelas IIA Ambarawa ke lahan milik TNI AD di Kecamatan Banyubiru.

Menanggapi hal itu, Pangdam IV Diponegoro pun menyambut baik. Ia mendukung penuh atas rencana relokasi Lapas Kelas IIA Ambarawa itu.

Terlebih lagi, Lapas Ambarawa yang saat ini berada di Benteng Willem I atau Benteng Pendem Ambarawa dinilai sudah tidak layak. Selain kondisi bangunan yang sudah tua, daerah benteng juga rawan banjir saat musim penghujan.

Jenderal TNI bintang dua ini pun menyarankan agar proses pengalihan lahan dipercepat untuk menindaklanjuti secara paralel. Selain di tingkat kementerian, Pangdam IV Diponegoro juga akan membantu meneruskan rencana relokasi Lapas Ambarawa itu ke Panglima TNI dan Mabes TNI AD.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Antara

Comments
Loading...