Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dari Kejuaraan Tenis Meja ASEAN

Di Bangkok Juga Ada Bus ‘Klasik’, Jalur Baru Monorel Dibangun di Nonthaburi

Bus dengan bentuknya yang klasik masih ada di jalanan kota Bangkok. Kondisinya ada yang masih bagus, namun juga ada yang seperti Kopaja ala Jakarta dulu. (Murianews/Budi Erje)

MURIANEWS, Bangkok – Sebagai kota besar, Bangkok memiliki beberapa sarana transportasi umum. Salah satunya yang masih ada, adalah sarana transportasi bus di dalam kota. Bus-bus ini melayani jalur-jalur jarak dekat di dalam Kota Bangkok.

Salah satu yang menarik perhatian untuk sarana transportasi bus adalah bentuk dan kondisi fisik bus-bus yang masih beroperasi. Bus-bus umum di Bangkok lebih banyak dimanfaatkan oleh masyarakat menengah ke bawah. Sedangkan sarana transportasi lain adalah taxi dan layanan aplikasi semacam Gograb dan Gojeg di Indonesia.

 

Bus-bus berbentuk klasik menjadi menarik perhatian di Bangkok. Kendaraan besar di Bangkok ini biasanya merupakan produk buatan Jepang. Merk-nya ada Mitshubishi atau Hino. Bentuknya mirip-mirip bus di Indonesia tempo dulu.

Jika di Semarang atau Jakarta sudah ada bus dengan desain yang lebih mewah, maka bus-bus klasik di Thailand masih ada yang tidak dilengkapi AC. Sekilas kondisinya mirip-mirip Kopaja oranye di Jakarta.

Menurut Big Prapath, warga Bangkok, tarif untuk bus-bus ini tidaklah mahal. Jika naik dari sekitaran Bandara Don Muang menuju ke pusat kota Bangkok yang berjarak sekitar 20 km, hanya perlu membayar 30 bath sampai 50 bath atau sekitar Rp12 ribu sampai Rp20 ribu, sekali jalan.

Jalur MRT Baru di Bangkok, masih dalam proses penyelesaian pembangunannya. Dua tahun kedepan diperkirakan sudah akan selesai dibangun. (Murianews/Budi Erje)

Bus klasik yang masih beroperasi di Bangkok, disebutkan hanya melayani jalur-jalur tertentu saja di pinggiran kota Bangkok. Menurut Big Prapath itu adalah sisa-sisa sarana transportasi masa lalu. Meski demikian, keberadaannya memang masih menjadi salah satu ikon bagi kota Bangkok.

”Itu memang masih ada, tapi sedikit saja. Sekarang Bangkok akan menambah jaringan monorail baru, selain yang sebelumnya sudah ada,” ujar Big Prapat memberikan penjelasan.

Jaringan kereta monorail jalur baru Thailand disebut dengan MRT Pink Line, kini sedang dibangun baru di Bangkok dan Provinsi Nonthaburi. Jaringan terbaru ini akan dibangun sepanjang 34,5 Km. Rencananya akan memiliki 30 stasiun pemberhentian.

Jaringan monorail baru ini  berada di sebelah utara kota Bangkok, dari Nonthaburi Civic Center di Distrik Pak Kret Nonthaburi, menghubungkan ke Distrik Minburi di Bangkok timur. Jaringan ini juga berintegrasu dengan lima jalur angkutan massal di Bankok.

MRT Pink Line di Utara Bangkok  dan Nonthaburi akan terhubung dengan MRT Purple Line, MRT Brown Line yang sudah ada. Selain itu juga akan teritegrasi dengan Jalur transportasi yang disebut Jalur Merah Tua SRT, Jalur BTS Sukhumvit.

”Kalau MRT ini akan selesai dua tahun lagi. Ini adalah jalur baru yang sedang dibangun. Akan terhubung dengan jalur MRT yang lainnya,” jelas Big Praphat.

 

Reporter Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...