Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tips agar Data WhatsApp Tidak Bikin Memori Handphone Penuh

Ini Tips agar Data WhatsApp Tidak Bikin Memori Handphone Penuh
Foto: Ilustrasi menggunakan Whatsapp (Jorge Henao dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Aplikasi percakapan WhatsApp (WA) bisa dimanfaatkan untuk mengirim foto, pesan tulisan dan suara, video call hingga video. Tak heran jika hampir semua pengguna handphone memasang aplikasi ini untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Meski demikian, ada satu hal yang sering dialami pengguna WA selama ini. Yakni, penuhnya memori HP karena banyaknya data WA yang tersimpan secara otomatis.

Bagi pengguna yang kurang familiar dengan teknologi mungkin sempat bingung. Soalnya, mereka tidak punya banyak aplikasi di dalam HP nya.

Baca juga: Ini Cara Mudah Upload Video untuk Status WhatsApp supaya Tidak Pecah

Lantas kenapa memori penyimpanan cepat habis karena data chat dari WhatsApp? Melansir dari Teknologi.id, pada dasarnya seluruh chat dari WA akan terekam dan tersimpan di memori handphone (HP). Chat WA yang menumpuk pada waktu lama akan memenuhi banyak ruang penyimpanan.

Penyimpanan memori HP akan semakin sesak jika dalam chat tersebut berisi file berukuran besar seperti foto, video, atau audio. Semakin penuhnya pemakaian memori kosong pada HP oleh WA tentu berisiko mengurangi performa perangkat.

Agar penyimpanan HP tidak sesak data dari chat WA tentu dengan menghapus file-file media yang tersimpan pada memori. Namun cara penghapusan file-file tersebut berbeda di setiap perangkat.

Pada iPhone, file dapat dihapus dengan membuka “Settings” di aplikasi Whatsapp. Lalu pilih “Storage and Data” dan klik “Manage Storage” kemudian hapus seluruh daftar media yang tersimpan di WA.

Cara lain yang bisa dilakukan agar memori tidak penuh dari data WA adalah dengan menggunakan fitur Disappearing Message. Fitur ini akan secara otomatis menghapus aktivitas chat yang sudah dilakukan.

Pengguna dapat mengatur durasi penyimpanan dan dapat secara otomatis terhapus. Pada fitur ini pengguna disediakan waktu 24 jam, tujuh hari hingga 90 hari. Di bawah ini adalah cara untuk mengaktifkan Disappearing Message.

1. Buka ruang obrolan orang yang ingin kamu hapus chatnya dan pilih “Contact Info”

2. Selanjutnya pilih fitur “Disappearing Message” dan akan disajikan pilihan waktu untuk chat tersebut terhapus.

3. Pilih rentang waktu yang diinginkan antara 24 jam, tujuh hari, atau 90 hari

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: teknologi.id

Comments
Loading...