Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Penyebab Air Radiator Mobil Jadi Keruh yang Perlu Diketahui

Ini Penyebab Air Radiator Mobil Jadi Keruh yang Perlu Diketahui
Foto: Air radiator (toyota.astra.co.id)

MURIANEWS, Kudus – Radiator merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Alat ini merupakan sistem pendinginan di dalam kendaraan yang berfungsi untuk mendinginkan kinerja mesin.

Seiring pemakaian, ada permasalahan yang biasa terjadi pada radiator. Salah satu yang sering terjadi adalah air radiator warnanya keruh.

Air radiator berfungsi menjadi pendingin dan menjaga suhu mesin mobil tetap ideal. Umumnya air radiator diberi pewarna khusus, namun dapat berubah jadi keruh.

Baca juga: Ini Tips Memilih Air Radiator Mobil yang Penting Diketahui, Jangan Diisi Air Keran ya

Berubahnya warna radiator menjadi keruh ini ada penyebabnya. Seperti dilansir dari Gridoto.com, warna air radiator yang keruh umumnya disebabkan pemakaian yang terlalu lama.

Pada air radiator mengandung zat pewarna dan akan menurun seiring penurunan zat ethylene gycol. Oleh karena itu akan terjadi perubahan warna dari kondisi baru.

Perubahan ini lumrah terjadi dan justru bisa menjadi indikator kapan harusnya air radiator diganti dengan yang baru. Namun bila tidak terjadi masalah apapun, umur air radiator dapat bertahan lebih dari 50.000 km.

Warna air radiator jadi keruh akan menyebabkan masalah jika tidak segera diganti. Biasanya masalah yang timbul adalah mesin jadi lebih panas karena pendinginan mesin sudah tidak maksimal.

Selain itu apabila dibiarkan dapat menimbulkan endapan yang membuat core radiator tersumbat.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Comments
Loading...