Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pastikan Institusi Bersih, Anggota Polres Grobogan Disidak Tes Urine

Pastikan Institusi Bersih, Anggota Polres Grobogan Disidak Tes Urine
Tes urine mendadak yang dilakukan terhadap anggota Polres Grobogan dalam apel pagi di Mapolres setempat, Senin (20/6/2022). (Murianews/Istimewa via Humas Polres Grobogan)

MURIANEWS, Grobogan – Seksi Profesi dan Pengamanan (Sipropam) Polres Grobogan Polda Jawa Tengah menggelar inspeksi mendadak (sidak) terhadap seluruh anggota Polres Grobogan.

Sidak kedisiplinan dilakukan pada saat apel pagi, Senin (20/06/2022) di halaman Apel Mapolres setempat. Kegiatan dilakukan dalam rangka Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktiblin) jelang Hari Bhayangkara ke 76 Polres Grobogan.

Usai apel pagi yang dipimpin Kabag SDM Polres Grobogan Kompol Sudarto, Kasi Propam Iptu Marmin langsung mengambil alih pasukan. Anggota Sipropam langsung masuk ke barisan pasukan untuk melakukan pemeriksaan.

Baca: PMK di Grobogan Capai Ribuan, Ini Langkah Pemkab Hadapi Iduladha

Adapun pemeriksaan yang dilakukan meliputi sikap tampang kepribadian, kerapian seragam kepolisian serta surat identitas diri anggota.

Seluruh anggota baik perwira ataupun bintara diperiksa. Dalam pelaksanaan kegiatan selama 30 menit tersebut tidak ditemukan pelanggaran yang berarti.

Hanya, masih ditemukan beberapa anggota yang rambutnya tidak sesuai aturan dan berjenggot. Tiga personil ditindak disiplin berupa push-up.

Selain pemeriksaan sikap tampang dan surat-surat, secara acak Sipropam bersama Sikkes Polres Kesehatan melakukan pemeriksaan urine.

Sebanyak 50 anggota Polres Grobogan menjalani tes urine di Mapolres tersebut. Tes urine dilakukan untuk memastikan para anggota Polres Grobogan bebas dari konsumsi narkoba.

Tes urine dilakukan secara mendadak sehingga mereka tidak bisa menghindar. Setelah dilakukan tes urine, tidak ada anggota Polres Grobogan yang terindikasi mengonsumsi narkoba.

”Pemeriksaan kedisiplinan anggota sudah rutin dilaksanakan. Namun demikian menjelang Hari Bhayangkara lebih kita tingkatkan pengawasan dan pengendalian anggota,” kata Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi melalui Kabag SDM Polres Grobogan Kompol Sudarto.

“Harapannya tidak ada anggota yang melakukan pelanggaran, dan untuk Hasil tes urine keseluruhannya negatif,” ucapnya.

Sementara itu Kasi Propam Iptu Marmin mengimbau kepada seluruh anggota agar tidak melakukan pelanggaran saat melaksanakan tugas. Apalagi melakukan penyimpangan dari jati diri sebagai seorang anggota Polri.

”Hindari penyimpangan-penyimpangan, atau pelanggaran disiplin maupun kode etik profesi Polri. Jaga Marwah Institusi Polri ini agar tetap harum dan tidak rusak oleh segelintir oknum Polisi. Jaga sikap disiplin, loyalitas dan dedikasi terhadap Institusi Polri,” ungkap Kasi Propam.

Selain pemeriksaan tingkat Polres, Sipropam Polres Grobogan juga akan terjun ke Polsek Jajaran Polres Grobogan guna melakukan gaktiblin sebagai wujud pengawasan dan pengendalian anggota.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...