Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Asyik! Ada Wisata Petik Buah Semangka di Blora, di Sini Lokasinya Lur

Asyik! Ada Wisata Petik Buah Semangka di Blora, di Sini Lokasinya Lur
Foto: Bupati Blora Arief Rohman saat melangsungkan panen perdana buah semangka di agrowisata Desa Bangsri (istimewa)

MURIANEWS, Blora – Wisata sambil petik buah semangka kini bisa dilakukan di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Ada sekitar dua hektar lahan yang sudah berhasil disulap jadi agrowisata.

Ada dua varian semangka yang ditanam di lahan milik desa itu. Yakni, semangka merah dan semangka inul.

Lokasi agrowisata ini berada di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon. Lokasi wisata petik buah semangka yang berada di tanah bengkok desa itu dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mapan, Desa Bangsri.

Baca juga: Ada Wisata Edukasi Kebun Anggur di Blora, di Sini Tempatnya

Adapun harga semangka di agrowisata tersebut bervariasi. Untuk semangka merah mulai Rp 3.000 hingga Rp 6.000 per kilonya. Sedangkan semangka inul Rp 4 ribu sampai Rp 6 ribu per kilonya.

Desa Bangsri diketahui sudah melakukan banyak inovasi. Sebelum ini, BUMDes Maju Mapan Bangsri juga telah memunculkan berbagai inovasi. Di antaranya dengan Kampung Pelangi, Kampung Lele, hingga usaha percetakan kaos.

Kades Bangsri Laga Kusuma saat dihubungi menjelaskan bahwa kedepannya Agro wisata ini akan terus berkolaborasi dengan para petani Bangsri. BUMDes pun akan terus mendukung dan mendampingi.

”Rencana kedepan kita selalu berkolaborasi sama petani Bangsri,untuk menanam tanaman sesuai cuaca dan musim, dan kedepan kita fasilitasi, dan tempat yang nyaman buat wisatawan,” terangnya.

Kedepan, lanjut Laga, tidak menutup kemungkinan akan menanam berbagai jenis tanaman buah-buahan lainnya di lokasi tersebut.

Laga berharap, adanya agrowisata tersebut bisa mendorong petani setempat untuk lebih maju. Selain itu juga mampu menjadi daya tarik wisata, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bangsri.

”Harapan kedepan, bisa meningkatkan penghasilan petani Bangsri, sekaligus bisa menjadi tempat wisata dengan sistim bagi hasil. Dan BUMDES selalu mengawal petani Bangsri, semoga kedepanya bisa naik kelas,” pungkasnya.

Agrowisata petik buah di Desa Bangsri ini sudah dilaunching oleh Bupati Blora Arief Rohman pada Minggu (19/6/2022) kemarin. Dalam kesempatan itu, Arief bahkan juga sempat melangsungkan panen perdana buah semangka.

Arief Rohman sangat mengapresiasi adanya inovasi-inovasi dari Desa Bangsri yang bermanfaat bagi masyarakat. Adanya agrowisata ini merupakan langkah inovatif yang patut dicontoh.

”Kemarin sudah dibuka, wisata petik buah di desa Bangsri. BUMDes Maju Mapan punya usaha menanam semangka, hasilnya bagus dan untuk masyarakat yang ingin petik buah datang ke Bangsri nanti nimbang sendiri langsung dihitung,” katanya, senin (20/06/2022).

 

 

Kontributor Blora
Editor: Dani Agus

Comments
Loading...