Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Punya Lahan Luas dan Petani Banyak, Jokowi: Berpotensi Tingkatkan Ekspor

Punya Lahan Luas dan Petani Banyak, Jokowi: Berpotensi Tingkatkan Ekspor
Presiden Jokowi saat memeriksa harga di Pasar Bulakamba, Brebes. (Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Indonesia memiliki lahan pertanian yang sangat luas, sehingga masalah pangan seharusnya tidak perlu untuk impor.

Selain itu, Indonesia juga mempunyai para petani yang andal dalam mengolah dan mengelola lahan. Bahkan para petani sudah banyak yang berinovasi untuk meningkatkan hasil pertaniannya.

Dengan potensi yang besar itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Indonesia justru menjadi negara pengekspor pangan terbesar. Sehingga masalah pangan dalam negeri tidak lagi berdebat masalah impor.

Jokowi mengatakan, menambahkan pertanian dan kemandirian pangan bisa berpotensi untuk meningkatkan ekspor Indonesia. Dia juga mengaku sudah banyak pesanan ke Indonesia terkait bahan pangan, namun dia tidak menjelaskan spesifik negara mana.

Baca: Wakil Ketua MPR: Ketahanan Pangan Nasional Harus Diperkuat

”Bayangkan kalau kita bisa memproduksi pangan dalam jangka yang pendek, kita terapkan semuanya, bukan hanya berdikari di bidang pangan, bukan hanya mandiri di bidang pangan tapi kita sekali lagi memiliki potensi untuk ekspor,” ungkapnya dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Dia mengaku bahwa jumlah permintaan ekspor pangan itu sangat besar sekali. Namun, kebutuhan pangan di Indonesia juga perlu untuk diamankan, sehingga pihaknya belum bisa memenuhi ekspor pangan tersebut.

”Permintaan itu sudah masuk banyak sekali. Beras, ada yang minta 100 ribu per bulan, ada yang minta 1 ton 2,5 juta untuk satu tahun, 2,5 juta ton. Saya kira ini akan meningkatkan cadangan devisa kita,” tuturnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Youtube Sekretariat Presiden

Comments
Loading...