Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sering Dibuang, Biji Buah Pepaya Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan lho

Sering Dibuang, Biji Buah Pepaya Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan lho
Foto: Buah Pepaya (pixabay.com)

MURIANEWS, Kudus – Pepaya adalah salah satu jenis buah yang disukai banyak orang. Rasanya yang enak dan segar menjadikan buah ini jadi pilihan banyak orang, dari anak-anak hingga orang tua.

Selama ini, hanya daging pepaya yang dikonsumsi orang. Sedangkan biji buahnya biasanya langsung dibuang bersama kulit yang sudah dikupas.

Sebaiknya, biji buah pepaya ini jangan dibuang begitu saja. Soalnya, biji ini bisa dimakan dan ada sejumlah manfaatnya bagi kesehatan.

Baca juga: Ini Manfaat Menakjubkan Buah Merah Asal Papua yang Perlu Diketahui sebelum Mencobanya

Melansir dari Hello Sehat, Senin (20/6/2022), sama seperti daging buahnya, biji buah pepaya juga aman untuk dikonsumsi. Bahkan, biji dari buah yang bermanfaat untuk pencernaan ini mengandung berbagai zat gizi yang baik bagi kesehatan

Tidak hanya itu, biji buah pepaya juga dikemas dalam sejumlah besar asam lemak tak jenuh tunggal yang tentunya sehat dan aman untuk dimakan. Kandungan seratnya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol tubuh. Secara tidak langsung, manfaat ini bisa menurunkan risiko terserang penyakit jantung, stroke, diabetes, dan obesitas.

Apa manfaat biji buah pepaya bagi kesehatan?

Bukan hanya beragam zat gizi yang memperkaya kandungan biji buah pepaya. Berikut ini, ada berbagai manfaat baik yang bisa Anda dapatkan dari biji buah pepaya.

1. Melindungi fungsi ginjal

Ginjal adalah organ tubuh yang bertugas untuk menyaring cairan yang masih dan yang tidak diperlukan lagi dari dalam tubuh. Uniknya, ternyata biji buah pepaya berpotensi melindungi dan menjaga kesehatan serta fungsi ginjal Anda. Hal ini diperlihatkan dalam sebuah penelitian yang diujicobakan pada tikus.

Menurut penelitian yang dimuat dalam African Health Sciences (2015) ini, bahwa tikus yang diberikan ekstrak biji pepaya memiliki ginjal yang sehat dan terhindar dari kerusakan.

Hasil penelitian ini turut didukung oleh penelitian lain dalam Journal Molecules (2017), yang menyebutkan bahwa kandungan tinggi antioksidan dalam biji buah pepaya bisa menghambat kerusakan sel-sel ginjal sehingga menjaga kesehatannya.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Tidak berbeda jauh dengan daging buahnya, biji buah pepaya juga merupakan sumber serat yang baik. Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, asupan serat berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Di sisi lain, Anda akan lebih mudah buang air besar dan terhindar dari sembelit (konstipasi). Makanan kaya serat juga diyakini dapat mencegah penyakit radang usus, mencegah luka usus, hingga menyembuhkan gejala wasir.

3. Mencegah serangan kanker

Manfaat makan biji pepaya lainnya adalah bisa mencegah tubuh dari serangan sel-sel kanker. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer (2014) menunjukkan manfaat biji pepaya tersebut.

Penelitian itu menemukan bahwa ekstrak biji pepaya membantu mengurangi peradangan dan melindungi dari perkembangan kanker. Penelitian lain juga menemukan bahwa biji pepaya hitam berpotensi menurunkan pertumbuhan sel kanker prostat.

4. Mengatasi keracunan makanan

Manfaat biji pepaya yang yang lain adalah dapat membantu mengobati keracunan makanan. Menurut ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry (2017), ekstrak yang terbuat dari biji pepaya bisa membantu membunuh sejumlah bakteri penyebab keracunan makanan. Bakteri tersebut antara lain E.coli, Salmonella, Staphylococus, dan sejumlah infeksi bakteri lainnya.

5. Membunuh parasit usus

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine (2018) memperlihatkan khasiat biji pepaya dalam menangkal parasit. Penelitian ini mengamati konsumsi bubur yang diperkaya dengan biji pepaya pada anak-anak di Kenya.

Hasilnya, penelitian menemukan penurunan risiko infeksi parasit Ascaris lumbricoides (cacing gelang besar) pada anak-anak. Dari penelitian ini diketahui bahwa biji pepaya memiliki sifat antiparasit.

6. Mencegah infeksi jamur

Selain diperkaya dengan vitamin dan mineral, satu ulasan dari Indian journal of pharmaceutical sciences menemukan bahwa biji pepaya dapat mencegah infeksi jamur.

Penelitian itu menemukan bahwa ekstrak biji pepaya efektif melawan tiga jenis jamur, yaitu A. flavus, C. albicans, and P. citrinium.

Namun, studi skala besar lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana makan biji pepaya dapat mempengaruhi infeksi jamur dan parasit pada manusia.

7. Menurunkan kolesterol

Manfaat biji pepaya berikutnya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Biji pepaya mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, termasuk asam oleat. Hal tersebut tercatat dalam sebuah riset lama dari Journal of Food Lipids (2005) yang mengamati kandungan minyak biji pepaya.

Menurut penelitian tersebut, diet tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol very low-density lipoprotein (VLDL), masing-masing sebesar 19 persen dan 22 persen, pada pasien diabetes.

8. Kaya antioksidan

Penelitian dalam jurnal Molecules (2017) menemukan bahwa biji pepaya punya mikronutrien esensial yang dilengkapi dengan polifenol dan flavonoid. Keduanya merupakan senyawa fitokimia alami dalam tanaman yang berperan sebagai antioksidan.

Antioksidan sendiri berperan untuk melawan serta menangkal radikal bebas penyebab penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, hipertensi, dan sebagainya.

Efek samping biji pepaya

Apa pun yang berlebihan itu tidak baik, termasuk makan biji pepaya terlalu banyak. Meski dinilai mengandung berbagai zat giti dan kaya manfaat, berlebihan makan biji pepaya malah bisa menimbulkan efek samping berbahaya.

Penelitian pada hewan memperlihatkan konsumsi biji buah ini bisa merusak struktur DNA, mengganggu kerja sel sehat dalam tubuh, hingga menurunkan kualitas sperma.

Sebenarnya masih diperlukan penelitian lanjutan guna mengetahui dampak buruknya bagi kesehatan manusia. Meski begitu, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi biji pepaya untuk melihat manfaatnya sendiri. Pastikan tetap membatasi jumlah konsumsinya, ya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Comments
Loading...