Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

270 Atlet Ambil Bagian di Kejurprov Catur di Pati

Pembukaan Musyawarah Provinsi (Musprov)  dan Kejurprov Percasi Jawa Tengah di Pendapa Kabupaten Pati, Senin (20/6/2022). (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 270 atlet mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur, Jawa Tengah, di Kabupaten Pati. Kejuaraan ini berlangsung di SMAN 2 Pati mulai Minggu (19/6/2022) kemarin hingga Minggu (26/6/2022) pekan depan.

Ketua Penyelenggara Kejurprov Catur Jawa Tengah Santosa mengaku bersyukur atas terselenggaranya kejuaraan ini lantaran bisa dilakukan setelah adanya Pandemi Covid-19. Selain itu Kejurprov di Pati ini baru kali pertama digelar.

”Kejuaraan ini diikuti 270 atlet, dari kelompok veteran, kelompok senior dan kelompok umur. Sebanyak 31 wasit dari berbagai kabupaten/kota di Jawa Tengah juga ditugaskan untuk menyukseskan kejurprov ini,” katanya.

Ketua Umum Percasi Jateng Handoyo Wibowo juga mengungkapkan hal yang sama. Ia bersyukur lantaran kegiatan ini bisa digelar setelah adanya pandemi Covid-19.

Namun ia menyayangkan jumlah peserta kelompok umur atau junior yang dinilainya masih minim. Ia menilai peserta kelompok umur seharusnya 4 kali lipat dibandingkan senior.

”Ini diikuti 270 orang. Ini sepertinya bagus. Tetapi mencemaskan. Karena dari total itu, 126 adalah senior yang junior sangat sedikit,”ungkapnya.

Meskipun demikian, ia berharap kejuaraan ini bisa menjaring bibit-bibit pecatur di Jawa Tengah. Mengingat, berdasarkan pantauanya, Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang menjadi lumbung bibit di Indonesia.

”Jawa Tengah merupakan lumbung catur di Indonesia. Ini jangan disia-siakan. Saya sering memaparkan mari menjaring benih dengan melakukan Popda kabupaten/kota di tingkat SD,” tandasnya.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...