Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Satu Jemaah Haji Sragen Meninggal di Madinah

Foto: Ilustrasi suasana Masjidil Haram (Pixabay)

MURIANEWS, Sragen — Satu jemaah haji asal Sragen diketahui meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi. Jemaah tersebut diketahui bernama Purnomo (61) warga Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen.

Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sragen, Ahmad Ulin Nur Hafsun mengatakan, jemaah asal Masaran itu meninggal Sabtu (18/6/2022) lalu.

Kepastian meninggalnya jemaah tersebut juga tertuang dalam Certificate of Death (COD) yang dikeluarkan Indonesia Medical Mission No.1 Daker/KKHI Madinah tertanggal 18 Juni 2022.

”Benar satu jemaah Sragen meninggal dunia. Jemaah tersebut bernama Purnomo yang merupakan anggota jemaah haji kloter 15 SOC,” katanya seperti dikutip Solopos.com, Senin (20/6/2022).

Dia mengatakan almarhum meninggal setelah sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Al Safiah Health Care Center Madinah. Saat itu, almarhum mengeluhkan sesak nafas saat di Masjid Nabawi sekitar pukul 07.10 waktu Arab Saudi.

”Petugas medis dan paramedis yang saat itu ikut salat di lokasi dengan almarhum sempat melakukan RJP (resusitasi jantung paru). Kemudian, pukul 07.25 waktu setempat almarhum dilarikan ke RS Al Safiah,” ujar Ulin, sapaan akrabnya.

RJP diberikan kepada seseorang yang mengalami henti napas dan henti jantung oleh sebab apapun, misalnya serangan jantung. Ulin melanjutkan pada pukul 07.40 waktu setempat langsung ditangani tenaga medis. Namun, pada pukul 08.10 waktu setempat, almarhum meninggal dunia.

”Kami ikut berduka. Semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga diberi kesabaran. Aamiin. Jenazah almarhum dimakamkan di permakaman Uhud Madinah. Diduga serangan jantung yang menyebabkan almarhum meninggal,” tutur Ulin.

Ulin menerangkan total jemaah calon haji kloter 15 sebanyak 356 orang. Sebanyak 331 orang di antaranya dari Kabupaten Sragen.

Jemaah haji asal Sragen terbagi atas tiga kloter, yakni kloter 14, 15, dan 16. Kloter 14 dan 15 terbang ke Tanah Suci pada Senin (13/6/2022) lalu dan kloter 16 terbang ke Tanah Suci pada Rabu (15/6/2022). Mereka diberangkatkan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan Wakil Bupati Sragen, Suroto, dari Pendapa Sumonegaran Sragen.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...