Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

PPDB SMA di Kudus, Banyak yang Asal Tentukan Koordinat Rumah

Seorang siswa melaksanakan verifikasi berkas pada PPDB di SMAN 1 Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK negeri di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah tengah berlangsung. Tahap verifikasi akun dan berkas pun sudah dimulai sejak Rabu pekan lalu.

Selama itu pula, diketahui banyak calon siswa asal menentukan koordinat rumahnya saat mengajukan pembuatan akun. Sehingga banyak dari mereka harus mengulang kembali untuk proses pengajuan akun.

Hal tersebut diungkapkan oleh Waka Kesiswaan SMAN 1 Kudus Imam Santosa, Senin (20/6/2022).

”Setidaknya di SMAN 1 Kudus yang melayani proses verifikasi ini lumayan banyak. Ini yang mungkin harus jadi catatan dalam evaluasi nanti,” kata dia di sela proses verifikasi.

Imam menambahkan, peserta yang mencantumkan titik koordinat yang salah harus membatalkan pengajuan akunnya terlebih dahulu untuk kemudian bisa mengajukan pendaftaran akun lagi.

”Akhirnya prosesnya dua kali, kasihan tapi ya bagaimana karena sistemnya memang seperti ini,” ujarnya.

Baca: PPDB, SMAN 1 Kudus Dipenuhi Calon Siswa untuk Verifikasi

Untuk memudahkan hal ini, pihak sekolah telah menyediakan komputer bagi siswa yang harus mengulang pengajuan akun. Walau sebenarnya, proses tersebut bisa dilakukan di rumah secara mandiri.

“Tetap kami sediakan di sini, jadi yang mau pakai ya silahkan dipakai,” pungkasnya.

SMAN 1 Kudus telah melayani verifikasi akun sejak Rabu (15/6/2022). Senin (20/6/2022) hari ini ada dua ratusan calon peserta didik baru yang mengantre untuk dilakukan proses verifikasi berkas dan verifikasi akun.

Baca: Catat, Ini Waktu PPDB SMA/SMK Negeri di Kudus

Sebagi informasi, alur pelaksanaan PPDB pada tahun 2022 ini adalah siswa harus mengajukan pembuatan akun terlebih dahulu untuk kemudian dilakukan verifikasi berkas dan akun.

Ketika tidak ada kendala dalam tahapan tersebut, siswa akan mendapat nomor token untuk mendaftar ke SMA pilihannya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...