Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Para Guru Merapat, Kemendikbudristek Buka Program PPG

Para Guru Merapat, Kemendikbudristek Buka Program PPG
Ilustrasi guru. (MURIANEWS)

MURIANEWS, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan mengadakan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) prajabatan tahun 2022. Pogram tersebut adalah untuk mencetak guru-guru yang profesional dan andal.

Plt Direktur Pendidikan Profesi Guru (PPG), Kemendikbudristek Temu Ismail mengatakan, arah kebijakan PPG Prajabatan tahun 2022 adalah untuk mewujudkan keseimbangan pemenuhan dan kebutuhan guru baik secara kuantitas dan kualitas. Terkait dengan itu, arah kebijakan ke depan dilakukan berdasarkan kebutuhan guru.

Menurutnya, setiap tahun banyak guru yang pensiun tetapi pengangkatan guru-guru belum sesuai dengan persyaratan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Guru dan Dosen tahun 2005.

Baca: Siap-Siap, Tahun Ini Pemerintah Kembali Buka PPPK Formasi Guru 

“Lulusan PPG Prajabatan nantinya akan memiliki kepastian untuk direkrut menjadi guru,” ujarnya, dikutip dari laman resmi ppg.kemendikbud.go.id, Senin (20/6/2022).

Temu menjelaskan, PPG Prajabatan adalah guru profesional pemula. Pada program ini juga dirancang dengan berbagai penyelarasan berdasarkan program transformasi pendidikan Merdeka Belajar.

Program ini, menurut Temu, perlu kolaborasi dan sinergi dengan semua pemangku kepentingan. Selain itu, PPG Prajabatan harus dijamin mutunya, sehingga Kementerian Pendidikan juga mengembangkan program penjaminan mutu. 

Sementara itu, Koordinator Pokja PPG Prajabatan, Zainun Misbah menjelaskan perkuliahan untuk calon mahasiswa PPG Prajabatan tahun 2022 sudah didesain dengan sangat menarik. Perkuliahan ini menurut Zainun berbeda dengan PPG sebelumnya dan mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan dengan kebutuhan menciptakan guru-guru generasi baru.

Adapun pendaftaran calon mahasiswa PPG Prajabatan akan dibuka sampai tanggal 30 Juni 2022 melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id/.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: ppg.kemendikbud.go.id

Comments
Loading...