Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Nama di KTP Minimal Harus Dua Kata Disosialisasikan di Kudus

Ruang pelayanan Adminduk Dinas Dukcapil Kudus (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Kebijakan baru tentang nama di KTP dan dokumen kependudukan lainnya yang minimal harus dua kata, mulai disosialisasikan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Kebijakan terkait nama ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama pada Dokumen Kependudukan yang terbaru.

Di mana dalam pasal 4 ayat (2) poin c Permendagri disebutkan, aturan pembuatan nama untuk pencatatan dokumen kependudukan, harus terdiri dari minimal dua kata dan maksimal menggunakan 60 karakter, termasuk spasi.

Sekretaris Dinas Dukcapil Kudus Tulus Tri Yatmika menyampaikan, sosialisasi ini dilakukan secara langsung dan via sosial media.

Baca: Aturan Baru Pembuatan KTP: Nama Warga Minimal Dua Kata, Tak Boleh Gunakan Angka dan Tanda Baca

Sosialisasi langsung, dilakukan para petugas Dukcapil saat jam pelayanan berlangsung ataupun saat ada warga yang ingin mengurus administrasi kependudukannya.

”Di tingkat kecamatan juga sama, para petugas akan turut menyosialisasikan aturan baru ini saat jam pelayanannya secara berkala, kalau yang versi sosial media ya kami buat konten edukasi terkait hal ini dan membagikannya,” kata dia Senin (20/6/2022).

Tulus menambahkan, ketika ada pengajuan pembuatan akta kelahiran yang namanya hanya satu kata, maka akan disarankan untuk memenuhi ketentuan tersebut.

Apalagi, dalam Permendagri tersebut diperjelas jika bila pengajuan adminduk tidak sesuai kriteria, maka tidak akan diterbitkan dokumen kependudukannya.

”Jadi memang sebisa mungkin kami edukasi agar masyarakat yang mengajukan ini sesuai dengan aturan yang ada, ya walaupun kembali lagi ke masyarakatnya,” pungkas Tulus.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...