Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 19 Juni: Kuwait Mendeklarasikan Kemerdekaan dari Inggris Tahun 1961

Catatan Sejarah Tanggal 19 Juni: Kuwait Mendeklarasikan Kemerdekaan dari Inggris Tahun 1961
Foto: Bendera negara Kuwait (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 19 Juni dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 19 Juni yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

1865

Setelah dua tahun mendeklarasikan kebebasan dan persamaan hak, para budak di Galveston, Texas, Amerika Serikat (AS) mendapatkan jaminan kebebasan penuh dari pemerintah. Hari ini dikenang sebagai Juneteenth atau Hari Kebebasan. Istilah Juneteenth berasal dari kata June dan Nineteenth yang berarti 19 Juni.

1867

Raja Meksiko, Maximilian I, tertangkap pasukan Republikan pimpinan Benito Juarez dan dieksekusi mati di Queretaro, Meksiko. Maximilian I dieksekusi dengan cara ditembak mati. Benito Juarez yang memimpin penangkapan Maxmilian I lantas dinobatkan sebagai pahlawan nasional di Meksiko.

Baca juga: Ada Rel Bergerigi di Jalur Kereta Api Ambarawa-Bedono, Ini Sejarah dan Kegunaannya

1875

Pemberontakan orang Herzegovina terhadap Kekaisaran Ottoman dimulai. Meski demikian, perang antara pasukan pemberontak dan pasukan kekaisaran baru terjadi pada 9 Juli. Pasukan pemberontak berhasil menang setelah bertempur kurang lebih dua tahun.

1910

Untuk kali pertama pada 19 Juni, Hari Ayah dirayakan di Spokane, Washington, Amerika Serikat (AS). Kini, Hari Ayah tersebut dirayakan masyarakat di 75 negara di dunia setiap minggu ketiga di bulan Juni.

1944

Pertempuran Laut Filipina meletus melibatkan pasukan Amerika Serikat (AS) dan pasukan Jepang. Pertempuran itu disebabkan pihak Jepang yang ingin menjatuhkan kekuasaan AS di kawasan Asia Tenggara. Karena strategi yang buruk, pasukan Jepang kalah.

1945

Pertempuran Tarakan yang melibatkan pasukan Sekutu dan pasukan Jepang untuk kali kedua di Pulau Tarakan, Hindia-Belanda atau kini Indonesia berakhir. Pertempuran tersebut berhasil dimenangi pasukan Sekutu dengan merebut Pulau Tarakan dari tangan Jepang.

1961

Kuwait mendeklarasikan kemerdekaan dari Inggris. Setelah merdeka, Sheikh Abdullah Al-Salim Al-Sabah menjadi raja di Kuwait. Kuwait lantas mengadakan pemilihan parlemen pertamanya pada 1963.

1971

Pembantaian Manili adalah suatu kejadian pembunuhan massal 65-70 Muslim Moro, termasuk wanita dan anak-anak, yang terjadi di sebuah masjid di Manili, Carmen, North Cotabato, Filipina, pada 19 Juni 1971.

1980

Kantor Kedutaan Besar Inggris di Irak diserang kelompok teroris menggunakan granat dan senjata api lainnya. Serangan tersebut berhasil dihentikan setelah tiga teroris ditembak mati pihak keamanan Irak.

1991

Invasi tentara Uni Soviet ke Hungaria resmi berakhir setelah semua pasukannya ditarik mundur. Setelah Perang Dunia II berakhir, Uni Soviet kembali menginvasi Hungaria sejak 1956.

2009

Pasukan Pakistan memulai Operasi Rah-e-Nijat dengan mengerahkan 28.000 tentara untuk meredam pemberontakan di wilayah Waziristan Selatan. Operasi ini merupakan bagian dari Perang Pakistan Barat Daya.

2016

Satelti BRIsat milik PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI merupakan satelit perbankan pertama di dunia. BRIsat berhasil diluncurkan ke orbit pada 19 Juni dari dari Bandar Antariksa Guyana di Kourou, Amerika Selatan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...