Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Instagram Hadirkan Fitur Keamanan Baru, Orang Tua Bisa Atur Waktu Akses Aplikasi Anak

Instagram Hadirkan Fitur Keamanan Baru, Orang Tua Bisa Atur Waktu Akses Aplikasi Anak
Foto: Ilustrasi Instagram (Gambar oleh magica dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Instagram terus melakukan inovasi untuk kenyamanan penggunanya. Terbaru, aplikasi media sosial popular itu menghadirkan fitur keamanan pendukung supaya orang tua agar dapat memantau dan menjaga anaknya saat menggunakan Instagram.

Melansir dari Gadetren.com, pembaruan ini disampaikan oleh Head of Instagram Adam Mosseri melalui cuitan akun Twitter pribadinya. Adam berujar kali ini Instagram menambah tiga fitur patental control baru agar orang tua dan anak semakin mudah saling menjaga satu sama lain.

Fitur baru ini dapat diakses penuh melalui Family Center yang sebelumnya bisa dibuka lewat undangan dari anak terlebih dulu. Pada pembaruan ini, tak hanya anak saja yang dapat mengundang namun orang tua juga dapat mengundang anak agar mendapat pengawasan langsung.

Baca juga: Jumlah Tampilan Stories di Instagram dalam Sehari Bakal Dibatasi

Fitur selanjutnya adalah orang tua dapat mengatur waktu tertentu dalam sehari atau minggu untuk membatasi penggunaan Instagram oleh anak-anak mereka. Cara ini dapat diterapkan pada anak agar dapat disiplin waktu supaya punya waktu mengerjakan tugas sekolah atau sekadar belajar.

Adanya fitur itu juga dapat menjadikan anak lebih fokus ketika belajar dan tidak terganggu konsentrasinya. Pada fitur pengaturan waktu ini orang tua dapat memilih waktu yang dikehendaki selama satu minggu di setiap harinya.

Fitur ketiga adalah orang tua akan memperoleh notifikasi atau pemberitahuan dari Instagram tentang akun Instagram apa yang dilaporkan oleh anak-anak mereka. Orang tua juga akan memperoleh jenis apa laporannya. Misalnya karena penindasan, penyemaran nama baik hingga pelecehan seksual.

Fitur ini sudah dapat digunakan di Amerika Serikat. Sementara akhir bulan ini ketiga fitur baru ini akan tersedia di tujuh negara sekaligus, yaitu Inggris, Jepang, Australia, Irlandia, Kanada, Prancis, dan Jerman.

Untuk Indonesia, kabarnya akan kebagian fitur kontrol orang tua pada akhir tahun 2022 karena Instagram akan meluncurkannya secara global. Tapi sebagai catatan, peluncuran global akan digulirkan secara bertahap begitu pula ketersediaannya di seluruh wilaya Indonesia.

Selain ketiga fitur ini, Instagram juga turut menghadirkan fitur pendukung pengawas untuk orang tua lainnya. Orang tua dapat memungkinkan untuk mengawasi penggunaan Instagram lainnya seperti perizinan pembelian aplikasi hingga pemblokiran aplikasi yang tidak pantas untuk anak.

Selanjutnya Instagram juga turut menyediakan situs khusus sebagai pusat edukasi agar orang tua dapat memahami dengan baik. Pusat edukasi bagi orang tua ini termasuk panduan untuk pengawasan orang tua pada alat Virtual Reality (VR dari ConnectSafely.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gadgetren.com

Comments
Loading...