Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tips Memilih Mangga Muda yang Cocok untuk Rujak dan Asinan

Tips Memilih Mangga Muda yang Cocok untuk Rujak dan Asinan
Foto: Buah mangga muda untuk rujak (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus – Mangga adalah salah satu buah favorit orang Indonesia. Selain rasanya enak, pohon mangga ini banyak ditanam di berbagai daerah sehingga keberadaannya mudah didapat.

Konsumsi mangga ini bukan hanya pada buahnya yang sudah matang saja. Namun, mangga yang masih muda juga banyak diincar orang.

Mangga muda tidak dimakan begitu saja seperti mangga matang. Biasanya, mangga muda ini dibikin rujak atau asinan.

Baca juga: Ini Daftar Buah yang Baik Dikonsumsi buat Ibu Hamil dan Calon Bayi

Untuk memilih mangga muda buat rujak dan asinan ini tidak bisa sembarangan. Berikut tips memilihnya, seperti dilansir dari Kompas.com.

Pilih Mangga Cengkir untuk Membuat Rujak

Mangga jenis ini cocok untuk rujak bukan harum manis, tapi melainkan mangga cengkir dari Indramayu. Jenis mangga ini tidak terlalu manis tapi sudah ada rasa manisnya. Asamnya juga tidak terlalu dominan.

Warna Mangga Muda Masih Pucat

Tips berikutnya pilih warna kulit mangga yang cenderung pucat. Karena warna kulit mangga muda cenderung pucat dibandingkan dengan mangga matang. Anda dapat memilih warna mangga hijau yang terlihat lebih pucat jika ingin membeli mangga muda.

Aroma Mangga Muda Sangat Kuat

Ciri mangga muda berikutnya dapat dicium dari aroma buahnya. Umumnya aroma mangga muda sangat kuat jika dibandingkan mangga matang. Aroma mangga matang akan pudar karena terganti aroma manis.

Tekstur Mangga Muda tidak Lembek

Tingkat kematangan mangga muda umumnya berkisar 80 hingga 90 persen. Ini membuat daging mangga terasa keras. Jika akan membelinya dapat dirasakan teksturnya untuk memastikan mangga masih muda atau sudah matang.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...